ADVERTISEMENT

Jokowi Bagikan Sapi Kurban di 34 Provinsi, Beratnya 800 Kg sampai 1 Ton

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 18:06 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan sapi kurban ke 34 provinsi di Indonesia. Berat sapi itu beragam, dari 800 kg sampai 1 ton.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang hari raya Idul Adha 1443 H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh provinsi yang beratnya rata-rata 800 kg sampai 1 ton yang dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Heru menjelaskan, masjid yang akan menerima sapi bantuan dari Jokowi itu ditetapkan oleh gubernur setempat. Selain itu, Heru memastikan sapi yang dibagikan sehat.

"Dalam pelaksanaannya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dalam hal ini Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK (penyakit mulut dan kuku)," ujar Heru.

Pemerintah sebelumnya menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022. Dengan demikian, Idul Adha bertepatan dengan 10 Juli 2022.

"Dari 86 titik, tidak ada satu yang melaporkan melihat hilal sebagaimana yang dilaporkan oleh karenanya berdasarkan hisab posisi hilal seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk. Akan tetapi belum memenuhi MABIMS serta laporan hilal juga tidak terlihat. Secara mufakat 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022," ucap Wamenag Zainut Tauhid saat membacakan hasil sidang isbat di kantor Kementerian Agama RI, Rabu (29/6).

Keputusan sidang isbat ini berbeda dengan ketetapan Muhammadiyah. Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 9 Juli 2022.

Simak video 'Ini Slamet, Sapi Simental 1,1 Ton yang Dibeli Jokowi untuk Hewan Kurban':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT