Pria Ini Ngaku Pernah Jadi Mediator Bechi, Temukan Banyak Kejanggalan

ADVERTISEMENT

Pria Ini Ngaku Pernah Jadi Mediator Bechi, Temukan Banyak Kejanggalan

Yogi Ernes, Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 09 Jul 2022 16:17 WIB
Syaripudin S Pane mengaku kenal Mas Bechi
Syaripudin S Pane mengaku kenal Mas Bechi. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria bernama Syaripudin S Pane membongkar 'keborokan' Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42), tersangka pencabulan di pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur. Syaripudin menyebut Mas Bechi mengabaikan salat hingga menginstruksikan seluruh santri dan santriwati merokok.

Syaripudin mengaku awalnya dikenalkan dengan Bechi oleh seorang sutradara terkenal. Sutradara tersebut menyebut Bechi sebagai guru spiritualnya.

Singkatnya, Syaripudin diminta oleh sutradara tersebut membantu masalah Bechi ini karena kedekatan Syaripudin dengan mantan pejabat tinggi di Polda Jawa Timur. Pada 2020, Syaripudin pun akhirnya ke Pondok Pesantren Shidiqqiyyah Ploso, Jombang.

Di sana, Syaripudin bertemu dengan Bechi. Syaripudin juga memperlihatkan foto saat dirinya bersama Bechi kala itu. Bechi kemudian menceritakan soal kasus yang menimpanya itu kepada Syaripudin.

Syaripudin mengungkapkan sejumlah 'keanehan' yang ia temui di Ponpes Shiddiqqiyyah ketika bertemu MSAT. Salah satunya ialah, Bechi, kata Syaripudin, mengabaikan salat lima waktu.

"Waktu saya kumpul dengan Bechi di studionya dan berkumandang azan, saya tanya kenapa tidak salat, jawab dia bahwa salat itu urusan Allah dengan umatnya. Sedangkan kan salat itu kewajiban menurut saya," kata Syaripudin di saat konferensi pers di Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022).

Selain itu, dia menyebut di pesantrennya terdapat tempat megah. Disinyalir tempat tersebut merupakan tempat bai'at.

"Saya lihat dan tanya waktu itu saya mau sembahyang, saya kira itu masjid karena bagus dan mentereng. Kemudian dijelaskan kalau itu tempat bai'at. Saya tanya kenapa harus dibai'at, tujuannya mereka ya bilang bai'at ke Allah," ujarnya.

Selain itu, Syaripudin mengungkap Mas Bechi menginstruksikan seluruh santri, termasuk santriwati, merokok dengan dalih rokok kesehatan. Rokok tersebut merupakan bisnis yang Mas Bechi dan keluarganya jalankan.

"Karena dia punya usaha rokok kesehatan, santriwatinya itu merokok depan saya, depan Mas Bechi. Dia beralasan karena diajarkan supaya sehat dengan rokok saya," kata dia.

"Perlu diketahui bahwa Mas Bechi dan keluarganya itu berbisnis air minum, rokok, hotel, dan kafe. Mereka kaya dari mana? Sedangkan itu pesantren gratis. Jadi saya infokan itu bisnis mereka yang saya sebutkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Syaripudin menyebut santri yang ada di pesantren Shiddiqiyyah dijadikan alat untuk melindungi Mas Bechi. Bahkan Bechi sudah dianggap layaknya raja di sana.

"Seluruh santri di sana melindungi Mas Bechi, bahkan dia sudah dianggap raja di sana. Mas Bechi juga gunakan para santrinya untuk melindungi dia. Saya lihat itu di setiap sudut setiap saat ada yang berjaga. Santrinya di sana kira-kira hanya ratusanlah," tuturnya.


Baca pengakuan Syaripudin lainnya di halaman selanjutnya......

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT