ADVERTISEMENT

Walkot Depok Minta Wadah Daging Kurban Tak Pakai Kantong Plastik

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 10:21 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris
Walkot Depok Idris (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota Depok meminta masyarakat untuk mengganti kantong plastik wadah daging kurban dengan bahan yang ramah lingkungan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir sampah plastik saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Instruksi itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 003/326-DLHK Tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik yang diteken Wali Kota Depok Mohammad Idris. SE itu ditujukan kepada perangkat daerah se-Kota Depok, camat dan lurah se-Kota Depok dan Ketua MUI Kota Depok.

"Menyebarluaskan informasi Idul Adha tanpa sampah plastik melalui media cetak/elektronik maupun media sosial kepada masyarakat luas di wilayah masing-masing," bunyi SE tersebut seperti dikutip Jumat (8/7/2022).

Pemkot Depok mengimbau panitia pembagian daging kurban untuk tidak menyediakan dan menggunakan kantong plastik. Masyarakat pun diminta untuk membawa wadah sendiri saat pembagian daging kurban.

"Mengimbau dan mengajak panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik dan atau mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban," bunyi SE tersebut.

Pemkot Depok mengimbau masyarakat menggunakan daun pisang atau daun jati sebagai pengganti kantong plastik. Masyarakat bisa juga menggunakan wadah lain selama tidak menimbulkan sampah plastik.

"Mengganti kantong plastik sebagai wadah daging kurban dengan menggunakan daun seperti daun pisang/daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik," bunyi SE tersebut.

Pemkot Depok meminta panitia kurban untuk menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di tempat pelaksanaan daging kurban.

"Menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah di lokasi pelaksanaan salat Idul Adha dan pembagian daging kurban," bunyi SE tersebut.

Simak Video 'Simak! Panduan Kemenag soal Pelaksanaan Berkurban di Tengah PMK':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT