ADVERTISEMENT

2 Pekan Terputus, Bogor-Sukabumi Via Leuwiliang Sudah Bisa Dilewati Mobil

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 20:42 WIB
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, dua pekan lalu menyebabkan akses menuju Sukabumi via Leuwiliang terputus. Kini, akses jalan tersebut telah diperbaiki dan bisa dilalui mobil.

"Jembatan yang kemarin dari Cianten sampai ke Sukabumi itu hanya satu. Ini kami sudah selesai tadi laporan dari PUPR tanggal 6 Juli. Jalan udah bisa dilewati, walaupun harus hati-hati. Masih banyak yang memang tebingan yang belum. Mobil udah bisa (lewat)," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, kepada wartawan di Cibinong, Kamis (7/7/2022).

Dampak lainnya akibat bencana tersebut, 2 RT terisolasi di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang. Kini, 2 RT tersebut sudah tidak terisolasi.

Jembatan telah dibangun untuk akses menuju ke sana. Namun jembatan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor.

"Udah nggak (terisolasi), kemarin saya dapat laporan termasuk jembatan itu. Jembatan itu untuk motor doang, yang mengisolir dua kampung itu," jelas Iwan.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi dua pekan lalu menimbulkan berbagai kerusakan. Salah satunya jalan lintas Bogor-Sukabumi via Cianteu, sempat terputus.

"Ada 25 titik longsor yang menutup jalan dan sudah 14 titik longsor yang dibuka. Sisanya masih dikerjakan. Untuk desa tidak sepenuhnya terisolir, karena masih bisa dengan berjalan kaki. Jalur (Bogor-Sukabumi) masih tertutup sampai saat ini," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko dalam keterangannya, Minggu (26/6).

Selain itu, bencana tersebut berimbas dua RT di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, sempat terisolasi akibat akses jalan terputus.

"Awalnya rencana ke daerah Muara, dan ternyata ada kabar lagi di daerah Tanjung Sari, Desa Purasari ada daerah yang terisolir. Ada 95 KK yang terisolir, terputus jembatan akses menuju ke lokasi," kata Koordinator Disaster Unit Jabar Quick Respons, Syehabudin, di Desa Purasari, Jumat (24/6).

Simak juga video 'Longsor Putus Akses Jalan Desa dan Kelurahan di Pedalaman Polman':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT