ADVERTISEMENT

Ke Cilegon, Bupati Pandeglang Belajar Olah Sampah Jadi Bahan Bakar

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 18:37 WIB
Bupati Pandeglang dan Walkot Cilegon
Foto: Pemkot Cilegon
Jakarta -

Bupati Pandeglang Irna Narulita mendatangi Rumah Dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Adapun maksud kunjungannya dalam rangka mempelajari pengelolaan sampah di Kota Cilegon.

Diketahui, Cilegon menjadi sorotan kabupaten/kota lain di Indonesia, karena mampu mengelola sampah menjadi bahan bakar pendamping batu bara.

"Kunjungan tersebut (Bupati Pandeglang) dilaksanakan dalam rangka pembelajaran pengelolaan sampah yang dijalankan Kota Cilegon untuk menjadi bahan bakar pendamping batubara. Ini merupakan kunjungan kelima kalau tidak salah dari kabupaten/kota di Indonesia yang ingin belajar langsung terkait pengelolaan sampah dari kota Cilegon," ungkap Helldy dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Helldy mengatakan pihaknya terbuka bagi semua pihak yang ingin belajar. Karena menurutnya siapa pun bisa belajar sampah di Kota Cilegon.

"Siapapun boleh belajar sampah di Cilegon, kami terbuka lebar untuk itu. Karena ilmu ini harus disebarkan agar jadi manfaat, insyaallah kalau ini bermanfaat untuk kota lain, maka itu juga berkah untuk kami," ujarnya.

Helldy menambahkan Cilegon merupakan kota pertama dan satu-satunya yang sudah berhasil atas pengelolaan sampah menjadi co firing (bahan bakar pendamping batu bara), bekerja sama dengan PLTU.

"Dan ini patut kita banggakan karena sebenarnya Kota Cilegon ini belum ditunjuk untuk program ini, tapi kita sudah langsung berhasil produksi di saat kota lain masih di tahap penelitian dan pengembangan," tuturnya.

Dia berharap Pandeglang dapat melakukan hal yang sama dengan Cilegon dalam hal pengelolaan sampah ini. "Sebagai kabupaten/kota yang berada di provinsi yang sama (Banten), Kabupaten Pandeglang dapat juga mengelola sampah di wilayahnya karena Kabupaten Pandeglang merupakan kabupaten/kota yang cocok untuk menjalankan program yang sama karena terdapat PLTU juga disana di Labuan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menilai Wali Kota Cilegon sebagai pemimpin yang mampu menorehkan banyak prestasi. Salah satunya dalam program pengelolaan sampah ini.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sambutannya Pak Wali. Pak Wali ini senior saya dan beliau sudah banyak prestasinya di bidang sebelumnya. Pak Wali ini cocok jadi Gubernur dengan program-programnya yang positif ke masyarakat," katanya.

"Saya berharap dengan kedatangan kami ke sini mendapatkan ilmunya untuk diterapkan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Pandeglang," sambung Irna.

Irna juga menambahkan proyek pengelolaan sampah dinilai tepat, mengingat Kabupaten Pandeglang yang juga memiliki PLTU di wilayah Labuan.

"Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari ini. Walaupun ya memang terlambat, tapi insyaallah, dengan kami belajar ke sini kami mendapatkan ilmu, sehingga kami yakin kami juga bisa seperti Kota Cilegon yang berhasil mengelola sampah menjadi bahan bakar," terangnya.

Di samping itu, Irma juga mengapresiasi program pengelolaan sampah yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Cilegon. Karena dengan begitu sampah bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

"Jadi sampah ini juga ternyata bisa jadi sumber pendapatan, bisa jadi cuan. Semoga ini bisa segera kita terapkan di Kabupaten Pandeglang," tuturnya.

Dia berharap, proyek tersebut bisa menjadi solusi bagi Kabupaten Pandeglang. Sehingga dapat lebih maksimal melakukan pengelolaan sampah yang selama ini diserahkan kepada pihak swasta.

Sebagai informasi, Irna beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pandeglang melanjutkan kunjungan langsung ke TPSA Bagendung untuk melihat proses pengelolaan sampah di sana.

Lihat juga video 'Pria di Bali Sulap Sampah Rumah Tangga Jadi Pupuk':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT