ADVERTISEMENT

Tanggul di Tamansari Bogor Jebol, 8 Rumah Rusak Terkena Longsor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 18:34 WIB
Rumah warga rusak akibat longsor di Bogor, Rabu (6/7/2022).
Rumah warga rusak akibat longsor di Bogor. (Foto: dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Bogor -

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Longsor diakibatkan tanggul yang jebol itu membuat 8 rumah warga rusak.

"Korban terdampak 8 unit rumah, 9 KK, dan 30 jiwa," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, melalui keterangannya, Kamis (7/7/2022).

Peristiwa longsor itu terjadi pada Rabu (6/7), pukul 14.30 WIB kemarin. Bermula saat hujan deras mengguyur dan tersumbatnya salah satu aliran air di wilayah tersebut.

"Mengakibatkan tanggul penahan tanah (TPT) longsor dengan ukuran kurang lebih panjang 7 meter dan tinggi 4 meter," jelasnya.

Longsor tersebut menyebabkan 7 rumah mengalami rusak ringan, dan 1 rumah mengalami rusak sedang serta tiga warga mengungsi.

Petugas BPBD yang mendapat laporan pada pukul 07.00 WIB pagi tadi, segera menuju lokasi tanah longsor untuk melakukan penanganan. Petugas bersama warga membersihkan sisa-sisa longsor.

"Hasil analisa, apabila terjadi hujan kembali dikhawatirkan terjadi longsor susulan dan perlu penanganan lebih lanjut dari pihak terkait," jelasnya.

Dari foto yang diterima detikcom, terlihat sisa-sisa lumpur masih berada di halaman rumah warga. Sebagian plafon warga juga terlihat berlubang.

Lihat juga video 'Longsor Putus Akses Jalan Desa dan Kelurahan di Pedalaman Polman':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT