ADVERTISEMENT

Moch Subchi Azal Tsani, Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan

Tim detikjatim - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 16:24 WIB
Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) ditangkap polisi pagi ini, Kamis (7/7/2022). Subchi masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus pencabulan santriwati.
Moch Subchi Azal Tsani, Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jakarta -

Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) masih belum berhasil ditangkap polisi. Subchi masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus pencabulan santriwati.

Hari ini, Kamis (7/7/2022), Subchi ditemukan di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Ploso, Jombang. Berikut informasi selengkapnya terkait keberadaan MSAT alias Subchi.

Moch Subchi Azal Tsani Dijemput Paksa Polisi

Pasukan polisi telah melakukan aksi jemput paksa terhadap tersangka pencabulan, Moch Subhci Azal Tsani (MSAT) Kamis (7/7/2022). Melansir dari detikJatim, MSAT sedang berada di teras rumah pengasuh ponpes, Kiai Muhammad Mukhtar Mukthi, sesaat sebelum bertemu polisi.

"Makin banyak, makin banyak. Semakin banyak yang masuk. Posisi beliau (MSAT, red) ada di teras," ucap seorang perempuan dalam rekaman video, Kamis (7/7/2022).

Kemudian, perempuan dalam video itu juga menyebut polisi sudah bertemu dengan MSAT.

"Posisi beliau ada di teras, ditahan oleh polisi," ungkapnya.

Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) ditangkap polisi pagi ini, Kamis (7/7/2022). Subchi masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus pencabulan santriwati.Penangkapan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT), Kamis (7/7/2022) di Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang. (Foto: Enggran Eko Budianto)

Kronologi Penjemputan Moch Subchi Azal Tsani

Saat penjemputan Moch Subchi Azal Tsani, polisi terlebih dahulu mengepung Ponpes Shiddiqiyyah yang menjadi tempat persembunyian MSAT. Berikut kronologi penangkapannya.

  • Pukul 07.00 WIB, aparat gabungan dari Polda Jatim, Polres Jombang, dan Satbrimob mulai mengepung Ponpes Shiddiqiyyah
  • Polisi menutup akses keluar masuk jalan pondok mulai dari Jembatan Ploso hingga traffic light Bawangan.
  • Di depan pintu pesantren, anggota berpakaian lengkap bersiaga dengan tameng besi dan senjata gas air mata disiagakan. Tidak ada seorang pun yang bisa keluar masuk pondok.
  • Kemudian, ratusan anggota buru sergab dari Satbrimob memaksa masuk ke dalam pondok. Ketegangan pun sempat terjadi saat polisi menerima perlawanan dari pihak pesantren.

1 Orang Anggota Polisi Terluka

Akibat bentrokan dengan pihak pesantren, satu orang anggota Satbrimob Polda Jatim terluka di tangan bagian kanan. Dirinya kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans Bhayangkara.

Polisi Amankan 35 Orang yang Halangi Penjemputan MSAT

Sekelompok massa melakukan perlawanan saat polisi menjemput MSAT di Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang. Akhirnya, 35 orang dari sejumlah massa berhasil diamankan dan diangkut dengan truk oleh petugas kepolisian.

Siapa Moch Subchi Azal Tsani? Anak Kiai Jombang

Moch Subchi Azal Tsani adalah putra petinggi Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang Muhammad Mukhtar Mukthi. Subchi diketahui sebagai tersangka pencabulan santriwati dan sudah menjadi DPO selama enam bulan.

Sang Ayah sempat melindungi putranya dari kejaran polisi. Bahkan, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat sempat bernegosisasi dengan Kiai Jombang tersebut. Namun, Kiai Mukhtar justru meminta polisi untuk tidak menangkap anaknya.

"Untuk keselamatan kita bersama, untuk kejayaan Indonesia Raya, masalah fitnah ini masalah keluarga. Untuk itu, kembalilah ke tempat masing-masing, jangan memaksakan diri mengambil anak saya yang kena fitnah ini," kata sang kiai dalam video, dikutip detikcom, Kamis (7/7/2022).

Negosiasi tersebut tidak membuahkan hasil yang baik. Namun, Moch Subchi Azal Tsani telah ditemukan oleh polisi, Kamis (7/7/2022) di Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang.

Simak Video 'Sederet Perlawanan Anak Kiai Jombang DPO Kasus Pencabulan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT