ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Ibu-ibu Tak Tiap Tahun Punya Anak

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 15:08 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau ibu-ibu tidak mempunyai anak setiap tahun. Jokowi meminta para ibu mengatur jarak kehamilan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi di sela-sela sesi tanya jawab dengan ibu-ibu PPK di acara Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29, Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022).

Jokowi mulanya bertanya ke peserta yang datang. "Jadi ibu-ibu ini boleh mempunyai anak 1 boleh?" tanya Jokowi.

"Boleh," jawab peserta yang hadir.

"Anak 2 boleh?" tanya Jokowi lagi.

"Boleh," timpal peserta.

"Anak 3 boleh? Tiga nggak boleh? Boleh atau nggak boleh 3?" tanya Jokowi.

"Boleh," jawab peserta lagi.

"Bener boleh," kata Jokowi.

Meski diperbolehkan memiliki tiga anak, Jokowi mengingatkan para ibu mengatur jarak kehamilan. Dia meminta ibu-ibu tidak memiliki anak setiap tahun.

"Tapi jaraknya diatur, lebih dari 3 tahun. Harus lebih dari 3 tahun. Jangan tiap tahun punya anak," kata dia.

Jokowi menjelaskan, dengan jarak kehamilan tersebut, kondisi ibu sudah pulih. Selain itu, sang anak sudah terpenuhi gizi yang dibutuhkan.

"Lebih dari 3 tahun diatur, sehingga ibu sudah pulih, gizinya sudah baik. Boleh mempunyai anak lagi. Dan yang paling penting menyiapkan pendidikannya agar menjadi SDM-SDM, generasi penerus yang berkualitas," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan pentingnya asupan gizi anak. Sebab, menurutnya, anak merupakan wajah masa depan Indonesia.

"Karena anak-anak kita di hari ini penentu wajah masa depan Indonesia. Kalau anak-anak kita pinter, pinter-pinter, cerdas. Kita bersaing dengan negara lain itu mudah, tapi kalau anak kita stunting, gizinya nggak baik, nutrisinya nggak tercukupi, ah sudah, nanti ke depan bersaing dengan negara-negara ini akan sangat kesulitan kita," pungkas dia.

(mae/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT