ADVERTISEMENT

Pemprov Banten Gandeng Kejaksaan Selamatkan Aset hingga Pulihkan Keuangan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 14:37 WIB
MoU Pemprov Banten dan Kejaksaan (Bahtiar-detikcom)
MoU Pemprov Banten dan Kejaksaan (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Pemprov Banten menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten untuk menyelamatkan aset. Kerja sama ini juga dilakukan untuk pemulihan keuangan Pemprov Banten.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan kerja sama ini dibuat untuk akuntabilitas dan transparansi Pemprov Banten. Dia mengatakan Kejati Banten akan memberikan arahan di bidang keperdataan dan tata usaha negara.

"Ini bagian dari perpanjangan MoU bersama mengawal pembangunan khususnya di bidang keperdataan dan tata usaha negara, mudah-mudahan optimal," kata Muktabar di Serang, Kamis (7/7/2022).

Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simandjuntak mengatakan pihaknya akan melakukan pendampingan. Dia mengatakan banyak kegiatan Pemprov Banten yang memiliki potensi konflik hukum tinggi.

"Kegiatan pemerintahan ini ada tantangan dan potensi konflik hukum tinggi, keputusan Pj Gubernur, OPD rentan terhadap gugatan, baik keperdataan dan tata usaha negara," ujarnya.

Dia mengatakan kerja sama akan terus berkembang untuk kemandirian BUMD hingga peningkatan pendapatan asli daerah. Pada tahun sebelum, Leonard menyebut kerja sama penyelamatan aset telah menyelamatkan senilai Rp 10 miliar lebih.

Kemudian di Tangerang, ada penyelamatan aset melalui tindakan hukum lain atau mediasi antara PT PLN dan Pemda Tangerang yang telah menyelamatkan menyelamatkan aset senilai Rp 69 miliar. Termasuk memulihkan keuangan negara Rp 2,5 miliar dari total tunggakan Rp 6 miliar.

Di bidang keperdataan, pada 2021, Kejati Banten juga telah menerima surat kuasa khusus atau SKK dengan BPKAD dan dua tindakan hukum lain dari BPKAD terkait penyelesaian aset dan percepatan penyelesaian proses sertifikasi tanah milik provinsi.

"Ini hal-hal yang sudah kita lakukan. Oleh karena itu, mari sama-sama tingkatkan sinergitas untuk sama-sama mewujudkan yang dicita-citakan khususnya untuk masyarakat Banten," ujarnya.

Simak juga 'Eks Kadis LH Cilegon Jadi Tersangka Korupsi Proyek Depo Sampah':

[Gambas:Video 20detik]

(bri/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT