ADVERTISEMENT

Faldo Bicara Komitmen Jokowi Damaikan Ukraina-Rusia: Puncaknya di Bali

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 22:28 WIB
Faldo Maldini
Staf khusus Mensesneg Faldo Maldini (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Staf khusus Mensesneg Faldo Maldini mengungkap komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendamaikan Ukraina dan Rusia. Faldo menyebut puncak dari upaya Jokowi itu bisa jadi akan terjadi dalam forum G-20 di Bali.

Faldo mengatakan Jokowi mengambil peranan 'juru damai' Ukraina-Rusia tanpa mencampuri urusan dalam negeri masing-masing. Dia menegaskan upaya Jokowi mendamaikan Ukraina dan Rusia itu memang termasuk dalam tujuan Indonesia dalam bernegara.

"Di sini kan kita juga lihat bahwa apa yang menjadi bahasan juga soal bagaimana Ukraina yang diharapkan kembali melakukan ekspor pangan yang juga vital dalam rantai distribusi dunia gitu. Kita juga melihat bagaimana negosiasi soal kita berharap kedatangan dua negara ini untuk hadir di forum G-20 yang akan diadakan di Bali," kata Faldo dalam acara Adu Perspektif dengan tajuk 'Dampak Politik Juru Damai Jokowi' yang diadakan detikcom dan Total Politik, Rabu (6/7/2022).

"Jadi ya memang pertemuan ini adalah langkah diplomasi menuju solusi akibat perang dan Indonesia sebagai negara akan terus berkomitmen untuk menjembatani hubungan antara kedua negara tersebut agar terjadinya jalan untuk menuju perdamaian dan kemanusiaan," tambahnya.

Faldo menyebut proses upaya mendamaikan Ukraina dan Rusia saat ini masih berjalan. Menurutnya, upaya diplomasi Indonesia bukan layaknya jual-beli.

"Ya kalau seandainya oleh-oleh itu dianggap memang buah tangan nyata dan sebagainya prosesnya masih berjalan. Puncaknya tadi bisa jadi yang di acara kita di Bali dan proses itu terus berjalan. Namanya juga diplomasi, bukan jual beli soalnya ini, kalau jual beli Anda saya bayar, barang saya bawa pulang," Nah ucapnya.

Lebih lanjut, Faldo juga merespons sorotan pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin soal Jokowi menjadi juru damai. Dia menegaskan bahwa pesan perdamaian oleh Jokowi dari Zelenskyy dan Putin itu nyata.

"Jadi memang dua-duanya itu ketemu Pak Jokowi menyampaikan apa yang menjadi permasalahan dan juga persoalan yang terjadi hari ini dan mari kita sama-sama lihat nanti di G-20, mudah-mudahan sesuai dengan harapan kita bersama ya kedua-duanya itu bisa duduk bersama, kita semua pun ingin duduk bersama gitu. Nah itulah puncak-puncak dan oleh-oleh terbesar nggak cuman buat kita bahkan untuk dunia," imbuhnya.

Simak Video 'Dampak Politik Juru Damai Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]




(fas/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT