ADVERTISEMENT

LSI Denny JA Sebut KIB Berpotensi Unggul di Sektor Komunitas Digital

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 21:40 WIB
Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi turut hadir di Silahturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu. Luhut dan Budi Arie duduk sejajar dengan para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Bersatu.
Foto: (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berpotensi unggul mendapatkan suara terbanyak di sektor komunitas digital. Keunggulan KIB tersebut karena pemilih dari komunitas digital banyak yang tinggal di perkotaan.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ade Mulyana menyebutkan munculnya kantong suara komunitas digital ini karena untuk pertama kalinya pemilik akun Facebook dan WhatsApp tercatat lebih dari 50 persen. Saat ini pengguna Facebook sekitar 51,8 persen dan pengguna WhatsApp sebesar 60,9 persen.

"KIB unggul dengan 23,2 persen dari kantong pemilik akun Facebook dan 20,7 persen pemilik akun Whatsapp Group," kata Ade Mulyana dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

Menurut Ade menjelang Pilpres 2024 lumbung suara tidak hanya berasal dari komunitas digital saja. Namun, ada lumbung suara yang lainnya yang bakal diperebutkan oleh partai politik yakni pemilih wong cilik, dan pemilih berbasis agama khususnya Islam.

"Ada tiga kantong pemilih yang bakal diperebutkan koalisi partai politik pada Pilpres 2024," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan jika simulasi peta pertarungan Pilpres 2024 akan terbagi menjadi 3 poros yakni KIB dengan tokoh utama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, PDIP dengan tokoh utama Puan Maharani, dan Gerindra-PKB dengan tokoh utama Prabowo Subianto.

"Dalam simulasi pertarungan ketiga poros di tiga kantong suara, KIB jauh mengungguli dua poros lainnya," jelasnya.

Khusus untuk lumbung suara komunitas digital, menurutnya poros PDIP hanya berhasil mengumpulkan 12,6 persen pemilik akun Facebook dan 13,8 persen pemilik akun WAG (WhatsApp Group). Sementara, poros Gerindra-PKB hanya mencatatkan 17,6 persen pemilik akun Facebook dan 19,9 persen pemilik akun WAG.

"Selain itu, pemilih KIB berasal dari golongan menengah atas dan berpendidikan tinggi yang memang lebih banyak aktif di dunia digital," ujar Ade.

Survei nasional LSI Denny JA dilengkapi dengan riset kualitatif pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022. Survei ini melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara tatap muka (face to face interview). Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/- 2.9 persen. Survei dilengkapi oleh data kualitatif hingga tanggal 5 Juli 2022.

Lihat juga video 'PAN: Ada Partai yang Dilirik KIB, Masih 50:50 Bergabung atau Tidak':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT