ADVERTISEMENT

Hensat: Deklarasi Susi Capres 2024 Membingungkan

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 15:42 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Relawan Komunitas Pendukung Ibu Susi (Kopi Susi) mendeklarasikan dukungan kepada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio atau Hensat, melihat ada beberapa makna di balik deklarasi tersebut.

Hensat mengatakan ada 3 poin yang bisa dilihat dari maksud Susi Pudjiastuti jadi capres. Dia menyebut ada poin positif, membingungkan, dan challenging.

"Poin positif bagus Indonesia punya banyak capres, apalagi ini capres dari perempuan, jadi memang luar biasa sehingga nggak hanya Puan Maharani aja capresnya, tapi ada juga Susi Pudjiastuti," kata Hensat kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Kemudian, Hensat membahas soal poin membingungkan. Dia mengaku bingung Susi harus maju capres dari mana.

"Poin membingungkan seperti yang sudah disampaikan Bu Susi, ini majunya mau dari mana? Apakah kemudian hanya menargetkan sebagai calon wakil presiden atau serius jadi capres?" ucapnya.

Hendri SatrioHendri Satrio (Ari Saputra/detikcom)

Hensat lalu menyebut ada juga poin challenging. Dia mempertanyakan apakah Susi serius ingin maju sebagai capres atau tidak.

"Nah poin challenging-nya adalah selama ini Bu Susi kalau saya tanya secara pribadi selalu jawabnya 'capres apa? Capres republik ikan atau gimana?'. Nah itu kan challenging-nya. Itu kan tinggal buktikan aja komunitas ini apakah Bu Susi benar-benar mau maju atau ini hanya mimpi Kopi Susi aja, walau nggak apa juga mimpi, berhak kan bermimpi," ujar dia.

"Jadi Ibu susi, kalau memang mau berniat maju, ya, sudah nggak usah pakai republik ikan lagi, ya maju beneran sebagai calon presiden, sehingga orang-orang yang sudah mendengar, yang sudah merespons, membaca, ya, itu kalau ada yang dukung ada yang dukung serius. Tapi jangan niat baik Kopi Susi ini dibantah lagi," lanjut dia.

Lebih jauh, Hensat juga mengingatkan jangan sampai Susi terkesan tidak mau maju tapi sebetulnya ada keinginan untuk maju. Dia juga menduga ada sisi lain bahwa Susi hanya sekadar ingin muncul di roda perpolitikan Indonesia.

"Kalau pura-pura nggak mau maju tapi pengen maju jadi norak nantinya, nggak cocok tuh, gitu. Jadi tegas-tegasan aja, Bu susi mau jadi capres republik ikan apa capres Republik Indonesia, itu saja. Kalau akhirnya jadi cawapres kan nggak apa juga. Tapi memang minimal tokoh-tokoh ini kan maju sebagai capres atau cawapres itu mungkin salah satu tujuannya supaya dilihat orbit politik di RI, supaya dilihat atmosfir politik di Indonesia, sehingga misalnya nanti siapa pun yang jadi presiden di Pilpres 2024, nama nama ini nggak ketinggalan supaya bisa jadi menteri lah," tuturnya.

Simak Video 'Melihat Elektabilitas Susi Pudjiastuti yang Didukung Jadi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/van)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT