ADVERTISEMENT

NasDem Sarankan Susi Buka Komunikasi Politik Jika Ingin Maju Capres

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 06:43 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.
Foto: Ahmad Ali (dok: www.nasdem.id)
Jakarta -

Muncul deklarasi mendukung mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk maju sebagai capres 2024. Partai NasDem menyarankan agar Susi membangun komunikasi politik dengan parpol.

"Kalau Ibu Susi ingin maju menjadi presiden menurut saya sebaiknya adalah membangun komunikasi politik dengan partai politik," kata Waketum Nasdem Ahmad Ali, Minggu (3/7/2022).

Ali mengatakan akan lebih menarik jika Susi juga menegaskan apa saja yang nantinya akan dilakukan ketika menjadi presiden. Penegasan dari Susi itu dinilai sebagai suatu hal yang menarik.

"Menarik kalau kemudian penegasan apa yang akan dibawa oleh Bu Susi menjadi presiden, ya kan bukan hanya sekadar deklarasi okeh relawan kita tidak tahu apa yang akan dilakukan kan sulit," ujarnya.

Lebih lanjut Ali menegaskan sudah tidak ada peluang Susi untuk diusung NasDem sebab sudah ada tiga nama capres yang diusulkan saat Rakernas. Namun kata Ali, NasDem dengan senang hati menerima Susi apabila ingin bergabung menjadi kader.

"Kalau NasDem susah tertutup karena kemarin rakernas sudah merekomendasikan tiga nama dan tidak ada nama bu Susi dari tiga nama tersebut. Peluang NasDem mengusung Bu Susi itu nggak ada. (Jika Susi ingin gabung NasDem) dengan senang hati dong pastinya," imbuhnya.

Susi Didukung Relawan untuk Maju Capres 2024

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti didukung menjadi alternatif calon presiden (capres) untuk 2024. Deklarasi tersebut datang dari ratusan relawan Komunitas Pendukung Ibu Susi atau Kopi Susi.

Perwakilan dari komunitas tersebut, Amri, membacakan deklarasi di depan eks Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia itu. Amri menilai kehadiran Susi Pudjiastuti diperlukan untuk menangkal polarisasi politik.

"Kami bertekad mengawal dan menerapkan moral movement yang telah disampaikan Ibu Susi dalam bentuk nyata yaitu jangan ada lagi polarisasi, katakan tidak pada korupsi, tenggelamkan oligarki, Indonesia untuk Indonesia," kata Amri dalam sambutannya di Griya Ardhya Garini, Jakarta, Minggu (3/7).

Dia kemudian mendeklarasikan Susi Pudjiastuti sebagai salah satu pemimpin di masa mendatang. Menurutnya, acara hari ini adalah langkah konkret yang bisa relawan berikan.

"Dengan ini mendeklarasikan komunitas Kopi Susi ini sebagai langkah kongkrit kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu alternatif calon pemimpin di masa depan," ungkapnya.

Ketua Panitia Kopi Susi, Virawati, menyebut langkah tersebut didasarkan pada penilaian relawan. Mereka memandang Susi Pudjiastuti sebagai tokoh yang tegas yang tidak suka dengan polarisasi di politik.

"Kita lihat Ibu Susi sosok yang ideal, tegas, satu dengan moral movement yang disampaikan ke kita mulai dari jangan sebarkan kebencian. Oligarki dia nggak suka, polarisasi dia nggak demen. Kotak-kotak dalam dunia politik," imbuh Vira.

Lihat juga Video: Usung Anies Jadi Bacapres, NasDem Disebut Jadi Magnet Parpol Lain

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT