ADVERTISEMENT

Pemerintah Lempar 'Bola Panas' Urusan Buka Draf RKUHP untuk Publik ke DPR

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 14:52 WIB
Wamenkumham Edward O.S Hiariej (Eddy) menyerahkan draf RKUHP ke Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).
Wamenkumham Edward O.S Hiariej menyerahkan draf RKUHP ke Komisi III DPR. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyerahkan draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) kepada Komisi III DPR. Penyerahan draf RKUHP dilakukan di ruang Komisi III DPR hari ini.

Wamenkumham Edward OS Hiariej atau Eddy berbicara soal desakan draf RKUHP dibuka ke publik. Eddy mengatakan pihaknya telah menyerahkan draf yang telah disempurnakan pemerintah kepada DPR. Menurut dia, draf itu nantinya dibahas oleh tiap fraksi lebih lanjut.

"Sudah saya serahkan secara resmi ke Komisi III. Jadi kita sudah serahkan draf, Komisi III akan serahkan ke fraksi-fraksi melakukan pembahasan terhadap hasil penyempurnaan dari pemerintah," kata Eddy seusai penyerahan draf RKUHP ke Komisi III DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Eddy mengatakan draf RKUHP pasti dibuka ke publik sebelum disahkan di rapat paripurna. Eddy mengatakan DPR yang bakal membuka draf itu ke publik.

"Nggak mungkin disahkan sebelum dibuka, to. Jadi kan di DPR yang kemudian DPR yang membuka ini, hasil penyempurnaan pemerintah," ujar dia.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PPP Arsul Sani mengatakan pihaknya masih akan berdiskusi soal kapan draf RKUHP itu dapat dibuka ke publik.

"Kan baru hari ini diserahkan. Nanti setelah diserahkan itu publik bisa mengakses atau tidak, itu disimpulkan lagi. Nanti kita lihat," ujar Arsul

Meski demikian, Arsul mendorong agar draf RKUHP segera dibuka ke publik. Dia mengatakan banyak isu krusial yang perlu masukan publik.

"Tapi kalau saya mewakili Fraksi PPP ingin berketetapan agar rapat itu (pembahasan terkait 14 isu krusial di RKUHP terbaru) terbuka. Kemudian draf itu yang akan kita pergunakan itu juga bisa diakses oleh publik," katanya.

Sebelumnya, Eddy telah menyerahkan draf RKUHP dan diterima oleh pimpinan Komisi III DPR secara simbolis.

"Komisi III DPR RI menerima naskah RUU tentang KUHP dan RUU tentang permasyarakatan yang telah disempurnakan," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh selaku pimpinan rapat.

Pangeran mengatakan Komisi III DPR akan membahas draf tersebut secara internal untuk kemudian dibahas di secara terbuka, termasuk 14 isu krusial yang mendapat sorotan masyarakat.

"Komisi III DPR dan pemerintah untuk menyelesaikan RUU tentang KUHP, khususnya terkait dengan 14 isu krusial RUU KUHP sebelum diserahkan ke pembicaraan tingkat selanjutnya," kata Pangeran.

"Komisi III DPR dan pemerintah bersepakat untuk menyelesaikan RUU tentang pemasyarakatan untuk diserahkan ke pembicaraan tingkat selanjutnya sesuai dengan mekanisme perundang-undangan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Pemerintah Serahkan Urusan Buka Draf RKUHP untuk Publik ke DPR':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT