ADVERTISEMENT

Survei PWS: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Turun Jadi 62,8%

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 14:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Maaruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas), di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (15/01/2020).
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin. Hasilnya, tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma'ruf menurun dibanding sebelumnya.

Dalam rilis yang dilakukan PWS pada Rabu (6/7/2022), survei PWS ini dilaksanakan tanggal 15 s/d 28 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Margin of error +/- 2.6%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner melalui aplikasi Google Form.

Responden terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta 60% penduduk pedesaan dan 40% penduduk perkotaan
Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. Uji kualitas dilakukan melalui telephone-check dan spot-check sebesar 20% dari total sampel.

Responden diajukan pertanyaan: Apakah ibu/bapak/saudara merasa puas atau kurang puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin saat ini?

Hasilnya:
Puas: 62,8%
Kurang puasa: 23,5%
Tidak tahu: 9,7%

"Mayoritas publik 62,8% mengaku 'puas/sangat puas' terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf saat ini. Sebanyak 23,5% yang mengaku 'kurang/tidak puas', sementara 9,7% menyatakan tidak tahu. Ada sedikit penurunan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dibandingkan survei sebelumnya," kata peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM.

Berdasarkan survei PWS Januari 2022, sebanyak 65,8% publik menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Namun, pada survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasaan publik sedikit menurun menjadi 62,8%.

Menurunnya kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf menurut hasil survei PWS di antaranya juga diindikasikan oleh semakin menurunnya proporsi publik yang menyatakan kondisi ekonomi rumah tangganya menjadi lebih baik. Ketika PWS menanyakan apakah kondisi ekonomi rumah tangga responden semakin baik, semakin buruk, atau sama saja, hanya 26,4% yang mengaku lebih baik.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Indikator Politik Ungkap 35% Warga Tak Puas Kinerja Jokowi, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT