ADVERTISEMENT

Survei PWS: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik dan Layak Nyapres 2024

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 13:58 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk menyaksikan MoU, antara PTDI Jet Investment Group SARL dalam penjualan dan pengembangan pesawat CN235.
Prabowo Subianto (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei terkait kinerja menteri dan menteri layak yang menjadi capres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto jadi menteri berkinerja paling baik dan layak jadi capres 2024.

Dalam rilis yang dilakukan PWS pada Rabu (6/7/2022), survei PWS ini dilaksanakan tanggal 15-28 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1420 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Margin of error +/- 2.6%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner melalui aplikasi Google Form.

Responden terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta 60% penduduk pedesaan dan 40% penduduk perkotaan. Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. Uji kualitas dilakukan melalui telephone-check dan spot-check sebesar 20% dari total sampel.

Responden diajukan pertanyaan, 'dari sejumlah menteri dan pejabat negara setingkat menteri di bawah ini, menurut penilaian Ibu/Bapak/Saudara siapakah yang kinerjanya paling baik'.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih dipersiapkan publik sebagai menteri dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf yang kinerjanya paling baik (15,1%), disusul Menparekraf Sandiaga Uno (11,8%), Menteri BUMN Erick Thohir (11,4%), Mensos Tri Risma Harini (11,3%), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (9,4%)," kata peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM.

10 menteri dinilai publik berkinerja baik:

Menhan Prabowo Subianto 15,1%
Menparekraf Sandiaga Uno 11,8%
Menteri BUMN Erick Thohir 11,4%
Mensos Tri Risma Harini 11,3%
Menkeu Sri Mulyani Indrawati 9,7%
Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim 8,5%
Menteri PU Basuki Hadimulyono 5,6%
Kepala KSP Moeldoko 4,8%
Menko Polhukam Mahfud MD 3,5%
Panglima TNI Andika Perkasa 3,4%
Menteri-menteri lainnya 9,6%
Tidak tahu/tidak menjawab 5,3%

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Gerindra Kantongi Nama Cawapres untuk Prabowo, Siapa Dia?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT