ADVERTISEMENT

Akankah Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo di 2024? Gerindra Bilang Begini

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 12:44 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar bertemu Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Sabtu (18/6) malam. Dalam pertemuan itu mereka membahas mengenai Pemilu 2024
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Partai Gerindra mengaku sudah mengantongi nama kandidat cawapres yang akan berpasangan dengan Prabowo Subianto. PKB, yang berkoalisi dengan Gerindra, meyakini nama ketum mereka, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, jadi cawapres pendamping Prabowo. Apakah ada nama Cak Imin ada di kandidat cawapres Prabowo?

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tidak menyebut gamblang kepastian Cak Imin akan mendampingi Prabowo. Meski begitu, dia mengatakan bakal mengumumkan nama cawapres untuk Prabowo pada waktu yang dianggap tepat.

"Jadi kalau soal cawapres, ya kita harus patuh pada mekanisme partai anggaran dasar yang diberlakukan Gerindra. Sehingga soal itu belum bisa dibicarakan pada saat ini. Mohon sabar dan tunggu pada waktunya itu pasti akan kita keluarkan," ujarnya.

Dasco mengaku belum bisa membeberkan terkait potensi Cak Imin menjadi pendamping Prabowo maju di 2024. Namun, dia memastikan sudah ada nama cawapres yang dikantongi Gerindra.

"Saya nggak bisa bilang sekarang. Karena takut melanggar aturan yang ada. Kemarin kita bilang bahwa sudah ada yang kita kantongin. Itu betul sudah ada," kata Dasco.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan bakal mengumumkan soal pencalonan Prabowo sebagai capres yang diusung Gerindra dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada akhir Juli mendatang. Setelah itu, kata Dasco, lingkup internal akan mengagendakan forum lanjutan untuk mengumumkan cawapres pendamping Prabowo.

"Ya kami akan rapimnas pada akhir Juli, setelah itu setelah rapimnas kita akan umumkan Prabowo sebagai capres dari Gerindra. Setelah itu kami selenggarakan lagi satu forum sesuai dengan anggaran dasar anggaran rumah tangga, setelah itu, untuk mengumumkan soal calon wakil presiden," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Sebelumnya, Dasco berbicara soal nama kandidat cawapres pasangan Prabowo. Namun, menurutnya, pembahasan cawapres pasangan Prabowo baru akan dilakukan setelah Rapimnas Gerindra pada Agustus 2022.

"Saya tidak bisa bicara mengenai masalah cawapres lebih lanjut karena, sesuai anggaran dasar, hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas, walaupun nama sudah di kantong," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT