ADVERTISEMENT

PKB Yakin Cak Imin Masuk Bursa Cawapres untuk Dampingi Prabowo

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 07:17 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar bertemu Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Sabtu (18/6) malam. Dalam pertemuan itu mereka membahas mengenai Pemilu 2024
Foto: Prabowo dan Cak Imin (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Partai Gerindra sudah mengantongi nama bakal cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto untuk maju pada Pilpres 2024. PKB yang berkoalisi dengan Gerindra meyakini nama Ketum mereka, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi cawapres pendamping Prabowo.

"Insyaallah masuk (nama Cak Imin)," kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Jazilul berharap ada kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua partai dalam menentukan capres dan cawapres. Dia mengibaratkan kerja sama keduanya seperti bunga dan lebah.

"Hemat saya, PKB dan Gerindra bekerja sama dalam kerangka simbiosis mutualisme, saling memberi peran, ibarat bunga dan lebah. Termasuk dalam menentukan capres cawapres," jelasnya.

Jazilul menuturkan PKB telah memberikan mandat kepada Ketum mereka Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai capres. Dia mengatakan nantinya tinggal didiskusikan antara Prabowo atau Cak Imin yang diusung menjadi capres dan cawapres.

"PKB memberikan mandat kepada Gus Muhaimin maju capres. Tinggal nanti dibicarakan bersama antara PKB dan Gerindra bila sudah sampai waktunya, antara Mas Bowo dan Gus Muhaimin," tuturnya.

Gerindra Kantongi Nama Cawapres Untuk Prabowo

Seperti diketahui, Partai Gerindra sudah bulat menginginkan Prabowo Subianto menjadi capres pada Pilpres 2024. Bahkan, Gerindra juga sudah mengantongi nama kandidat cawapres yang akan berpasangan dengan Prabowo.

Namun, pembahasan cawapres pasangan Prabowo baru akan dilakukan setelah Rapimnas Gerindra pada Agustus 2022.

"Saya tidak bisa bicara mengenai masalah cawapres lebih lanjut, karena, sesuai anggaran dasar, hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas, walaupun nama sudah di kantong," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6).

Sementara itu, dalam Rapimnas Gerindra pada Agustus mendatang, Prabowo akan dimintai kesediaannya untuk menjawab aspirasi kader yang ingin mengusungnya sebagai capres.

"Jadi kan mekanisme di Partai Gerindra bahwa untuk forum memunculkan nama capres itu harus dilakukan di forum setingkat munas, yaitu di rapimnas, dalam rapimnas kemudian akan ditanyakan atau jawaban ke Pak Prabowo tentang ketersediaan, dicapreskan oleh Partai Gerindra," ucap Dasco.

Dasco mengungkapkan sampai saat ini hanya Prabowo calon tunggal capres yang akan diusung Gerindra. Wakil Ketua DPR RI itu menyebut seluruh DPP sepakat mengusung Prabowo di 2024.

"Iya kalau sampai saat ini, cuma ada calon tunggal aja dari Partai Gerindra yang diusulkan, oleh DPP yang mewakili kader di seluruh Indonesia," ujarnya.

Simak Video: Respons Sandi soal Peluang Duet Prabowo-Cak Imin

[Gambas:Video 20detik]



(dek/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT