ADVERTISEMENT

Anak Kiai Jombang Cabuli Santriwati, Anggota DPR: Tak Bisa Restoratif

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 11:00 WIB
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai NasDem Eva Yuliana.
Eva Yuliana (dok. istimewa)
Jakarta -

Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi, anak pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, KH Muhammad Mukhtar Mukthi, ditetapkan sebagai tersangka kasus pencabulan santriwati. Polisi kini tengah berusaha menangkap Mas Bechi, yang telah berstatus DPO.

Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Eva Yuliana mendorong pihak kepolisian tak menggunakan pendekatan restoratif di kasus pencabulan anak kiai Jombang itu. Eva mengatakan tindak pidana kekerasan seksual harus diselesaikan sesuai dengan hukum yang tegas.

"Menurut saya, tetap pada prinsip saya bahwa tindak pidana kekerasan seksual itu tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan restoratif, sehingga menurut saya harus diselesaikan dengan dasar hukum yang tegas," kata Eva kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

"Lembaga penegak hukum harus menyelesaikan itu dengan pasal-pasal atau dasar hukum yang tegas. Jadi tidak ada pendekatan restoratif dalam kasus-kasus seperti ini," lanjutnya.

Eva kemudian menyoroti proses negosiasi yang dilakukan aparat penegak hukum dengan Kiai Mukhtar Mukthi saat operasi penangkapan pelaku. Eva berharap pihak kepolisian dapat melakukan komunikasi yang baik dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Terkait dengan komunikasi kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat atau yang disepuhkan oleh masyarakat, saya berharap kepada lembaga penegak hukum bisa melakukan komunikasi yang baik," kata dia.

Dia meyakini tokoh masyarakat akan memahami proses hukum yang berlaku. "Melakukan pendekatan-pendekatan atau komunikasi yang dialogis dengan para tokoh. Saya yakin para tokoh masyarakat akan memahami dan menerima, serta menghormati hukum yang ditegakkan di negara kita," ujar Eva.

Bechi Sudah 6 Bulan Jadi DPO

Seperti diketahui, Mas Bechi sudah lebih dari dua tahun menjadi tersangka pencabulan pada santriwatinya. Bahkan, dia sudah enam bulan ditetapkan sebagai DPO.

Aksi kejar-kejaran bak film laga terjadi dalam penangkapan Bechi. Tim gabungan dari Polda Jatim dan Polres Jombang mengejar 13 mobil yang diduga dinaiki Bechi.

Polisi berhasil menghentikan 11 mobil, namun ternyata, Bechi diduga menaiki satu di antara 2 mobil yang berhasil kabur.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: Sederet Perlawanan Anak Kiai Jombang DPO Kasus Pencabulan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT