ADVERTISEMENT

Kapolda Metro Minta Ada Derek di Senopati: Parkir Liar Langsung Tarik

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 10:39 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imra (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran geram melihat kemacetan di Jakarta, salah satunya di Jalan Senopati yang kerap macet karena banyak mobil diparkir liar. Fadil meminta jajarannya menderek kendaraan yang diparkir liar dan membuat posko di lokasi.

"Kalau perlu ada posko lalu lintas bersama DLLAJR di situ. Saya akan lihat mulai hari ini ke depan. Saya mau Anda taruh derek di situ, Anda taruh anggota di situ, begitu ada yang parkir sembarangan, tarik," ujar Fadil dalam rapat anev yang diunggah di akun Instagram pribadinya seperti dilihat detikcom, Rabu (6/7/2022).

Fadil meminta jajarannya tidak membiarkan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Mantan Kapolda Jawa Timur ini menyebut kemacetan telah mengganggu kepentingan umum.

"Macet kok dibiarkan. Nah di tempat lain juga di Jaksel, Jakut, Jaktim khususnya di tempat-tempat yang sangat mengganggu kepentingan umum," tambahnya.

Fadil pun meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya mengidentifikasi titik-titik kemacetan. Menurutnya, kemacetan yang dianggap sebagai 'kebiasaan' ini bisa diurai.

"Kemacetan-kemacetan itu Pak Rusdy coba diidentifikasi. Cari di mana titik-titik yang selalu macet tapi dianggap menjadi sebuah kebiasaan. Padahal sebenernya macet itu bisa diurai," kata Fadil.

Fadil Perintahkan Anggota Derek Parkir Liar

Fadil kemudian mencontohkan sejumlah lokasi di Jakarta yang menjadi langganan macet. Menurutnya, kemacetan itu terjadi bukan hanya karena volume lalu lintas yang tinggi, tetapi juga karena parkir sembarangan.

"Contoh di sepanjang Jalan Suryo dan di sepanjang Jalan Senopati, kalau bisa setiap hari diderek itu mobil yang parkir (sembarangan) di depan," katanya.

Lebih lanjut Fadil meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya menyikapi serius masalah parkir liar ini. Apalagi kepentingan pedestrian terganggu karena trotoar dipakai untuk parkir kendaraan.

"Saya minta teman-teman di lalu lintas sudah mulai berbicara bagaimana mengurai kemacetan. Kalau macet karena volume bukan macet ya terjadi peningkatan, nggak apa-apa. Tapi kalau macet karena memang parkir sembarangan, padahal sudah ada pedestrian itu yang menurut saya harus kita tertibkan," pungkas Fadil.

Simak juga Video: Parkir Liar, Belasan Kendaraan di Bandung Terjaring Operasi Cabut Pentil

[Gambas:Video 20detik]




(mei/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT