ADVERTISEMENT

Reaksi Raisa Saat Lihat Mobil Raisa 'Pengurai Massa'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 20:05 WIB
Mobil Raisa (Pengurai Massa) juga disiagakan di DPRD DIY, Kamis (8/10/2020). Massa demo tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di DPRD DIY berlangsung ricuh. Polisi mulai menembakkan gas air mata dan terus mengimbau massa tenang lewat pengeras suara.
Mobil Raisa (Pengurai Massa) juga disiagakan untuk mengamankan demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja di DPRD DIY, Kamis (8/10/2020) lalu (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Tentang Mobil Raisa

Mobil Raisa kerap dikerahkan polisi untuk mengamankan demonstrasi. Mobil ini dinamai Raisa karena bernama asli mobil pengurai massa.

Mobil ini dikerahkan untuk mencegah tindakan anarkistis dari massa. Mobil ini didesain khusus dengan pelindung kaca dan juga dilengkapi pengeras suara.

Mobil Raisa di depan BawasluMobil Raisa disiagakan di depan Bawaslu beberapa waktu lalu. (Lisye/detikcom)

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani menyebut kendaraan Raisa ini sebagai kendaraan pengurai massa yang didesain khusus dapat menimbulkan suara keras.

"Jadi ini bisa menimbulkan suara keras, bisa mengimbau massa aksi yang akan membuat kerusuhan," kata Dicky di SPN Batua, Senin (29/1/2018) lalu.

Dicky mengatakan mobil ini akan diterjunkan khusus jika ada gangguan keamanan massa dalam jumlah besar.

Mobil Raisa ini merupakan mobil pikap kabin ganda Toyota Hilux dengan mesin diesel 2.494 cc.

Mobil ini juga dapat mengeluarkan suara yang mengganggu melalui pengeras suara berkekuatan 1.000 watt. Lewat pengeras suara tersebut akan muncul suara bising yang disebut bisa mengganggu saraf bahkan bisa membuat setiap orang yang mendengarnya mual dan muntah.

Namun pengeras suara yang bikin mual itu hanya digunakan pada saat yang sangat genting. Ada satu pengeras suara lagi yang berkekuatan 600 watt yang khusus digunakan untuk mengimbau massa agar tidak ricuh.


(jbr/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT