ADVERTISEMENT

Rakerda PAN Jatim Usulkan Sederet Nama Capres: Anies hingga Budi Gunawan

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 14:10 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kebudayaan saat acara Zulhas Award. Dia berpidato di depan 3 kandidat potensial capres 2024.
Ketum PAN Zulkifli Hasan bersama Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri BUMNU Erick Thohir. (Agung Pambudhy/detikcom)
Surabaya -

Rakerda PAN di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur telah rampung. Salah satu yang dibahas pada Rakerda itu adalah usulan calon presiden (capres) dari daerah.

Ketua Harian DPW PAN Jatim Achmad Rubaie menyebut empat nama yang disebut mayoritas DPD, yakni Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Anies Baswedan.

"Seluruh DPD usul Pak Ketum Zulhas, suaranya bulat. Ada juga Erick Thohir, kemudian Bu Khofifah, juga nama Anies Baswedan. Karena kita di KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), muncul juga nama Airlangga Hartarto," kata Rubaie seperti dilansir dari detikJatim, Selasa (5/7/2022).

Tidak hanya nama itu, ternyata dalam usulan di tingkat kabupaten/kota juga muncul nama Gatot Nurmantyo, Yenny Wahid, Tito Karnavian, hingga Asep Saifuddin Chalim (Kiai Asep).

Wakil Ketua DPW PAN Jatim Agus Maimun menyebut usulan capres dari daerah bervariasi. Ada yang usul satu nama, bahkan ada juga yang usul sampai tujuh nama.

"Nama yang diusul DPD itu tidak hanya satu, bahkan ada yang usul sampai tujuh. Ya, kategori internal siapa kadernya, kepala daerah siapa, itu dimunculkan, kebetulan di Jatim memunculkan Khofifah, Anies, Ridwan Kamil dari unsur kepala daerah. Masalah angkanya kita matrix ya. Diberi kualifikasi profesi, misal Erick masuk teknokrat," katanya.

"Bottom up ya sifatnya, dari DPW menanyakan ke DPD dan DPD menanyakan ke ranting. Dari unsur TNI-Polri ada Andika Perkasa, Tito Karnavian, Gatot Nurmantyo, Budi Gunawan. Bahkan, tapal kuda muncul Yenny Wahid dari Kabupaten Probolinggo, mungkin pengurus di sana punya komunikasi baik dengan Yenny, termasuk di Mojokerto itu ada nama Kiai Asep," sambungnya.

Baca selengkapnya di sini

Simak Video 'Anies, Ganjar hingga Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres PAN':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT