ADVERTISEMENT

Fasilitas di Taman Selahaur Lebak Banyak yang Rusak, Pemkab Janji Perbaiki

Fathul Rizkoh - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 13:46 WIB
Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)
Foto: Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)
Lebak -

Fasilitas di Taman Selahaur, Cijoro Pasir, Rangkasbitung, Lebak, banyak yang rusak. Pemkab Lebak berjanji segera memperbaiki fasilitas yang rusak itu.

Taman tersebut dibangun oleh Pemerintah Provinsi Banten di lahan seluas 9,7 hektare. Taman ini kemudian diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Lebak tahun 2019.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (5/7/2022), gerbang depan taman itu tampak dikunci. Namun, pengunjung masih bisa masuk ke taman lewat ruang kecil di samping gerbang.

Tampak besi pada alat olahraga sudah berkarat. Fasilitas berupa permainan anak seperti perosotan juga tampak rusak tak bisa digunakan.

Musala dan toilet di taman ini juga tampak tak terawat. Tak ada air yang mengalir di toilet hingga menimbulkan bau tak sedap. Sampah juga berserakan di area taman.

Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)

Kepala Bidang Tata Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak, Dasef Novian, mengatakan pihaknya melakukan pemeliharaan rutin. Dia menyebut ada empat orang petugas untuk membersihkan area taman.

"Kami selalu melakukan pemeliharaan rutin, awal tahun ini saja kami memperbaiki gazebo karena atapnya rusak. Di sana juga ada petugas yang membersihkan taman, ada empat orang yang kami tugaskan," kata Dasef.

Dia mengatakan pihaknya belum bisa memperbaiki semua fasilitas karena masalah anggaran. Saat ini, pihaknya telah memasang peringatan agar fasilitas yang rusak di taman itu tak digunakan.

Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)Kondisi taman tak terawat di Lebak, Banten (Fathul-detikcom)

"Betul yang bangun provinsi, diserahkan ke kami (Pemkab Lebak). Pemeliharaan memang dari kami tapi kami belum bisa memperbaiki secara besar-besaran, perbaikan kecil-kecil saja kaya tadi atap gazebo. Terus pemeliharaan potong rumput, sampah," jelasnya.

Dia menyebut taman ini dibuka pukul 08.00 WIB dan ditutup pukul 16.00 WIB. Dasef berjanji pihaknya segera memperbaiki berbagai fasilitas di taman ini saat anggaran sudah ada.

"Rencana tahun ini pemasangan mesin pompa air yang hilang, yah dulu ada tapi hilang. Terus perbaikan ringan fasilitas permainan anak dan olahraga. Rencananya saat perubahan anggaran semoga disetujui. Kalau perbaikan besar nanti berkoordinasi dengan OPD lain," pungkasnya.

Simak juga 'Saat Sudah 304 Hewan Ternak Terjangkit Wabah PMK di Lebak, Dua Mati':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT