ADVERTISEMENT

Tak Berizin, Alat Pembakaran Ilegal Pabrik di Gunung Putri Bogor Dibongkar

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 11:04 WIB
Alat pembakaran ilegal pabrik di Bogor dibongkar
Alat pembakaran ilegal pabrik di Bogor dibongkar. (Foto: dok DLH Kabupaten Bogor)
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor sempat menyegel tungku pembakaran atau insinerator salah satu pabrik di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, karena tidak memiliki izin. Kini alat pembakaran di pabrik tersebut telah dibongkar.

"Iya, (Insinerator) dibongkar," kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan DLH Kabupaten Bogor Cholid Mawardi kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Pembongkaran dilakukan oleh pihak pabrik usai sebelumnya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Menurutnya, tungku pabrik tersebut kini sudah tidak beroperasi lagi.

"Dibongkar oleh yang bersangkutan setelah koordinasi dengan DLH untuk pelepasan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas LH Kabupaten Bogor menyegel tungku pembakaran atau insinerator salah satu pabrik di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Penyegelan dilakukan karena insinerator tidak memiliki izin.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan DLH Kabupaten Bogor Cholid Mawardi mengatakan insinerator pabrik tersebut dilarang beroperasi selama 14 hari ke depan. Pabrik tersebut bergerak di bidang produksi kemasan kaleng.

"Untuk insineratornya ya (tidak boleh beroperasi), bukan izin usahanya. Kalau usahanya kan bukan kewenangan DLH. Yang disegel itu alat insinerator, alat pembakaran," kata Cholid saat dihubungi, Senin (27/6).

Pabrik tersebut kini tidak diperbolehkan melakukan kegiatan pembakaran ataupun kegiatan membuang emisi ke udara.

"Karena mereka kalau mau pembakaran harus punya izin pembuangan emisi, nah mereka nggak punya. Akhirnya mereka tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang menyebabkan pembuangan emisi ke udara," ungkapnya.

(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT