ADVERTISEMENT

Hari Bhayangkara, Kapolri Beberkan Upaya Polri Tangani COVID hingga Mudik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 10:45 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membeberkan kinerja Polri dalam mendukung dan mengawal program pemerintah. Salah satu yang disampaikan Sigit yaitu pengerahan personel dalam penanggulangan COVID-19.

Pernyataan itu disampaikan Sigit dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Semarang, Jawa Tengah seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/7/2022). Sigit awalnya bercerita mengenai situasi Indonesia yang dilanda varian Delta saat Hari Bhayangkara ke-75 tahun lalu.

"Saat itu Polri bersama stakeholder lain mengerahkan seluruh sumber daya untuk fokus pada penanganan pandemi COVID-19. Alhamdulillah pandemi COVID-19 di Indonesia dapat terkendali sehingga aktivitas dan event-event baik nasional maupun internasional dapat berjalan kembali serta diharapkan memberikan multiplier effect bagi perekonomian dan nama baik Indonesia di mata dunia," ujar Sigit.

Sigit menjelaskan Polri juga terus menjamin ruang-ruang demokrasi dan kebebasan berpendapat seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat. Menurut Sigit, Polri berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat terkait demonstrasi.

"Polri harus mampu menjalani komunikasi publik yang baik dengan mahasiswa, elemen buruh dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya. Sehingga sebagai contoh aksi, unjuk rasa may day fiesta serta aksi unjuk rasa besar lain dapat berjalan dengan aman dan lancar meskipun melibatkan massa dalam jumlah besar," ujar Sigit.

Selain itu, Sigit juga memaparkan upaya Polri dalam penanganan mudik. Berbagai strategi lalu lintas diterapkan untuk mengurai kemacetan.

"Yang pertama adalah bagaimana mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas melalui program mudik bersama, pengaturan jadwal libur, pengendalian mobilitas lalu lintas, contraflow, one way ganjil genap, dengan indikator volume kendaraan yang terukur. Alhamdulillah kegiatan mudik dapat berjalan lancar, angka kecelakaan menurun dan tidak terjadi kemacetan yang berarti," imbuh Sigit.

Polri juga, sambung Sigit, berupaya mencegah lonjakan kasus COVID-19 setelah libur Lebaran. Vaksinasi booster untuk masyarakat pun digencarkan.

"Ke depan kami akan terus siaga dan melakukan pengendalian pandemi COVID-19 khususnya menghadapi varian baru BA.4 dan BA.5 dengan penerapan protokol kesehatan dan meningkatkan capaian vaksinasi booster sesuai arahan bapak presiden," tutur Sigit.

(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT