ADVERTISEMENT

Jokowi Pesan ke Polri untuk Junjung HAM: Penegakan Hukum Upaya Terakhir

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 10:06 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Polri untuk terus menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakat. Jokowi ingin penegakan hukum menjadi upaya terakhir.

"Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat, harus dirasakan oleh masyarakat. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Semarang seperti disiarkan secara virtual, Selasa (5/7/2022).

"Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan tugas dan tantangan Polri ke depan semakin berat. Jokowi berpesan agar Polri terus berinovasi dan bertransformasi menjadi institusi modern.

"Individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengajak semua pihak berdoa bagi anggota Polri yang gugur dalam tugas. Dia juga berdoa agar personel Polri selalu diberi kesehatan.

"Saya mengajak kita semua untuk berdoa semoga Bhayangkara Polri yang gugur dalam tugas diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga seluruh personel Polri dan keluarganya senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan," ujar Jokowi.

Lihat Video: Jokowi ke Polri di Hari Bhayangkara: Bekerjalah dengan Hati-hati!

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT