ADVERTISEMENT

Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke Arab Saudi Penuhi Undangan Ibadah Haji

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 05 Jul 2022 10:30 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin berangkat ke Mekkah penuhi undangan khusus ibadah haji dari Kerajaan Arab Saudi.  (dok.setwapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Makkah penuhi undangan khusus ibadah haji dari Kerajaan Arab Saudi. (dok.setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Makkah pagi ini. Keberangkatan Ma'ruf ini dalam rangka memenuhi undangan khusus ibadah haji dari Kerajaan Arab Saudi.

Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin akan melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun 2022. Undangan ibadah haji ini sebelumnya disampaikan melalui Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi.

"Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi. Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi Ibadah Haji. Ketepatan pada tahun ini adalah Haji Akbar, ya, jadi di Arafah itu hari Jumat. Dan Insya Allah Wakil Presiden bersama rombongan akan melaksanakan prosesi ibadah haji tersebut," tutur Masduki dalam keterangan, Selasa (5/7/2022).

"Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu di mana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden," paparnya.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Mekkah penuhi undangan khusus ibadah haji dari Kerajaan Arab Saudi.  (dok.setwapres)Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Makkah memenuhi undangan khusus ibadah haji dari Kerajaan Arab Saudi. (dok.setwapres)

Nantinya Ma'ruf akan mengikuti prosesi ibadah haji selama satu minggu. Ma'ruf beserta Istri dan rombongan berangkat dari VIP terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER.

Masduki mengatakan sebelumnya Duta Besar Esam juga telah melaporkan tentang kesiapan Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Dengan kondisi yang disebut telah aman, Ma'ruf Amin diundang oleh Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

"Menyampaikan perkembangan terakhir di Arab Saudi bagaimana kesiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemi COVID-19, dan sekarang sudah aman," imbuh Masduki.

(dwia/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT