ADVERTISEMENT

Sejumlah Pengendara Kaget dan Tak Tahu Ada Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 21:33 WIB
Uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI.
Foto: Anggi/detikcom
Jakarta -

Uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, mulai diberlakukan hari ini. Arus lalu lintas terpantau padat.

Pantauan di lokasi, Senin (4/7/2022), terlihat arus lalu lintas padat dari arah Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin.

Selain itu, terlihat para pengendara ingin menerobos petugas. Sementara petugas memberikan sosialisasi kepada pengendara.

"Putar baliknya di depan ya, Pak, di Kemenhub ya," kata salah satu petugas kepolisian.

"Sampai jam berapa?" tanya pengendara.

"Jam 9 nanti ya, Pak," kata polisi.

Sejumlah pengendara ada yang belum mengetahui adanya rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI. Pengendara menilai terlalu jauh jika harus berputar di Patung Kuda.

"Ini ke Gondangdia, Cikini. Nggak tahu (ada rekayasa lalin) tadi masih bisa magrib. Tau dah puyeng, jauh lagi dong muternya," kata seorang pengendara, Ipin, di lokasi.

Sementara itu, pengendara lain, yang merupakan seorang kurir, mengaku terkejut oleh adanya rekayasa lalin. Dia berharap ke depannya ada sosialisasi yang lebih mendalam.

"Nggak tahu (ada rekayasa lalin). Ya kaget lah kita udah ngantre dari sana belakangan. Ya mudah-mudahan ada sosialisasi lah," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjelaskan alasan pemberlakuan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai sore ini. Uji coba rekayasa lalin diterapkan demi mengurai kepadatan akibat persilangan (crossing).

"Crossing itu akhir-akhir ini semakin terasa mengganggu, terkait dengan semakin meningkatnya aktivitas masyarakat. Sebenarnya kita ingin mengurai adanya crossing kendaraan yang berada di jalinan bundaran, dari bundaran menuju timur dan dari utara menuju ke selatan," kata Plh Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Emanuel Kristanto saat dihubungi, Senin (4/7).

Emanuel mengatakan kawasan Bundaran HI menjadi salah satu titik krusial terjadinya kepadatan yang menjadi sumber kemacetan di Sudirman-MH Thamrin. Sebab, di kawasan ini terdapat persilangan jalan kendaraan dari arah utara ke selatan ataupun dari arah selatan menuju timur.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus TransJakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan yang akan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin - putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat/utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di Landmark Kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.

Simak video 'Ada Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI, Pengendara Motor Puyeng':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT