ADVERTISEMENT

Dishub DKI Akan Permanenkan Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 18:07 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo
Kadishub DKI Syafrin Liputo (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI. Hal itu guna mengurai kepadatan kendaraan.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dari uji coba rekayasa lalin Bundaran HI. Dia menyebut rekayasa lalu lintas akan diterapkan permanen jika uji coba berhasil.

"Nanti setelah evaluasi ini kami hasilkan ternyata harus diperpanjang dan diberlakukan secara bertahap, tentu ini akan dipermanenkan," kata Syafrin di Bundaran HI, Senin (4/7/2022).

Syafrin mengatakan rekayasa lalu lintas diterapkan pada sore hari lantaran tingkat volume kendaraan yang melintas rata-rata mencapai 100 ribu. Oleh sebab itu, pihaknya pun berusaha mengurai kepadatan itu dengan merekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran HI.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa volume lalu lintas yang melintasi kawasan Bundaran HI ini setiap hari sangat padat, rata-rata lalu lintas harian rata-rata 100 ribu, tepatnya 97 ribu sekian, artinya kawasan ini sangat padat dan oleh sebab itu perlu dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas sehingga kawasan ini yang terjadi kepadatan demikian tingginya khususnya pada sore hari ini akan lebih smooth sehingga mobilitas warga semakin efisien," katanya.

Syafrin mengatakan rekayasa lalu lintas itu berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Dia menyebut untuk TransJakarta dan kendaraan VVIP diperbolehkan untuk melintas.

"Seluruh kendaraan bermotor dilarang belok kanan, kecuali perjalanan VVIP dan TransJakarta," katanya.

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan jika rekayasa lalu lintas berhasil dan telah dipermanenkan akan ada penindakan bagi pelanggar. Dia menyebut pelanggar akan dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu.

"Jadi selama seminggu ke depan kami uji coba sambil sosialisasi kepada masyarakat setelah itu kami evaluasi, dipermanenkan tentu setelah itu bagi masyarakat yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, denda maksimum Rp 500 ribu," katanya.

Uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia dilaksanakan pada 4-10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk bus TransJakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan yang akan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin-putar balik di bundaran patung kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat/utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di Landmark Kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.

Simak video 'Simak Rute Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT