ADVERTISEMENT

Wakil Ketua MPR: Perhatian pada Kelompok Difabel Harus Ditingkatkan

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 19:20 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan tema ‘Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan Keindonesiaan dan Patriotisme dalam Indonesia Pascapandemi’ di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, di Senayan, Jakarta (11/6).
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong semua pihak untuk meningkatkan perhatian terhadap para difabel. Ia menegaskan para difabel mesti diberikan hak dan kesempatan yang sama dalam berbagai sektor kehidupan.

Ia mencontohkan event Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 di Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu kegiatan yang dapat mewadahi para difabel untuk mengembangkan diri.

"Perhatian kita terhadap kelompok masyarakat difabel di Tanah Air harus terus ditingkatkan dalam rangka memenuhi hak dan kesempatan yang sama bagi setiap warga negara," kata Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Pesonas 2022 berlangsung pada 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 12 cabang olahraga mengikuti gelaran tersebut. Pesonas merupakan pengembangan dari Pekan Olaharaga Nasional (Pornas) diselenggarakan oleh Special Olympics Indonesia (SOIna) setiap empat tahun sekali. Pesonas 2022 juga menjadi ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada Summer Olympic World Games (SWOG) tahun 2023 di Berlin, Jerman.

Lestari mendorong pemerintah, akademisi, swasta dan masyarakat bermitra dengan organisasi disabilitas dalam merencanakan kegiatan yang dapat memberi manfaat bagi para penyandang disabilitas.

Ajang Pesonas, kata Lestari, merupakan bagian dari upaya bersama untuk memberi akses seluas-luasnya bagi para penyandang disabilitas dalam rangka penerapan kebijakan yang lebih inklusif. Selain itu, kata dia, upaya agar para penyandang disabilitas mampu berprestasi di tingkat nasional dan internasional, seperti melalui ajang Pesonas ini, sekaligus membangun rasa kepercayaan diri dan nasionalisme mereka.

Lihat juga video 'Cara Dispar Kulon Progo Pastikan Destinasi Wisata Ramah Difabel':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT