ADVERTISEMENT

PPP Genjot Potensi Kader Perempuan Jelang Pemilu 2024

Rhazes Putra - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 18:37 WIB
PPP Genjot Potensi Kader Perempuan Jelang Pemilu 2024
Foto: Dok. PPP
Jakarta -

Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ermalena mengatakan PPP memiliki kader-kader perempuan yang siap menyongsong pemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, kemampuan dan usia yang beragam bahkan banyak yang dari kalangan milenial dan generasi Z.

"Saat ini PPP terus meningkatkan potensi tersebut dengan melakukan berbagai program, termasuk dengan sekolah politik khusus kader perempuan," ujar Ermalena saat kegiatan Training of Trainer (ToT) Pendidikan Politik Perempuan pada Jumat-Minggu (1-3 Juli 2022) di Hotel Onih, Bogor, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (4/7/2022).

Melihat potensi ini, ia yakin PPP tidak akan mengalami kendala dalam hal keterwakilan perempuan, baik untuk mengisi daftar Caleg, keterwakilan di legislatif maupun eksekutif ma di partai ini, agar kedepan. Dikatakannya keberadaan perempuan legislatif sangat penting terutama untuk mengawal kebijakan yang berpihak pada perempuan.

"Kaum perempuan adalah kalangan yang rentan yang harus dikawal terutama oleh kebijakan kebijakan yang juga berpihak pada mereka seperti UU TPKS. Oleh karena harus ada perwakilan perempuan PPP di senayan atau di legislatif daerah," katanya.

Sementara itu, Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan partainya terus memantau potensi kader perempuan di partai ka'bah itu. Dalam banyak kesempatan ia memberikan ruang yang luas bagi kader perempuan untuk mengambil peran.

"Di kepengurusan partai maupun sejak awal terlihat bagaimana posisi strategis kader perempuan, begitu juga di longlist pendaftaran bacaleg PPP kita sudah terlihat jumlah kader perempuan yang sudah mencapai 30 persen keterwakilan perempuan, " jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi saat mengisi materi dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa keberadaan caleg PPP dari perempuan sangat menentukan kemenangan partai.

"Di pemilu 2019 suara caleg perempuan PPP sejumlah 1.109.502 atau 17,5 persen dari total suara PPP. Artinya jika tanpa suara perempuan PPP hanya memperoleh 3,72 persen dari total suara sah pemilu 2019 alias tidak lolos PT," tandas Anggota DPR RI peraih suara terbanyak 10 besar pemilu 2019 ini.

Lihat juga video 'KPU Resmi Buka Akses Input Data Pendaftaran-Verifikasi Parpol Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT