ADVERTISEMENT

Wagub DKI soal Revitalisasi Kampung Gembrong: Sama Sekali Tak Pakai APBD

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 18:11 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya-detikcom)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan revitalisasi Kampung Gembira Gembrong tidak menggunakan APBD. Riza mengatakan anggaran revitalisasi sepenuhnya bersumber dari dana infak dari Baznas Bazis serta corporate social responsibility (CSR).

"Bukan dari APBD, tidak ada sama sekali APBD. Sumbernya dari Baznas-Bazis dan dari CSR," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2022).

Riza menuturkan pembangunan Kampung Gembira Gembrong menelan biaya sebesar Rp 7,8 miliar. Pihaknya menargetkan pembangunan rampung dalam kurun tiga bulan.

"Kan itu ada juga musala, masjid, kemudian ada rumah 136 unit di bangun di situ dengan total biaya kurang lebih Rp 7,8 miliar, pembiayaannya. Insyaallah dalam tiga bulan ke depan akan selesai," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, revitalisasi Kampung Gembira Gembrong di Jakarta Timur menggunakan dana infak dan sedekah saat salat Idul Fitri di JIS menimbulkan pertanyaan. Wakil Ketua II Baznas Bazis DKI, Saat Suharto Amjad mengatakan uang infak yang dimaksud untuk pembangunan masjid di lingkungan terdampak kebakaran pasar Gembrong.

Menurutnya sejak awal uang infak JIS tersebut memang diakadkan untuk hal tersebut.

"Kalau untuk dana yang dikumpulkan di JIS memang sudah diakadkan dari awal diadakan untuk pembangunan Masjid/Mushola yang terdampak di Pasar Gembrong," kata Saat Suharto Amjad saat dihubungi, Sabtu (2/7).

Dia menegaskan uang tersebut hanya untuk pembangunan masjid bukan untuk pembangunan rumah. Ia menjelaskan, hal ini dinamakan infak Muqayyad.

"Jadi seluruh perolehannya memang digunakan untuk pembangunan masjid sebagaimana dijanjikan," tuturnya.

"Secara hukum itu namanya infak muqayyad. Infak terikat peruntukannya untuk yang diakadkan," sambungnya.

Ia menjelaskan nantinya terdapat dua masjid yang akan dibangun di Kampung Gembira Gembrong. Salah satunya direncanakan akan dibangun dengan bentuk tiga tingkat.

Lihat juga video 'Wagub Tampung Petisi Nama JIS Diganti Stadion MH Thamrin':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT