ADVERTISEMENT

Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI, Kadishub DKI: Tak Ada Tilang

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 17:53 WIB
Jakarta -

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan belum diterapkan sanksi tilang bagi pelanggar.

"Pada Minggu ini pun kami akan bertindak secara persuasif, humanis persuasif kepada masyarakat, jadi tidak ada tindakan ataupun tilang, tetapi kami arahkan mereka untuk berputar sesuai dengan arahan petugas di lapangan," kata Syafrin di Bundaran HI, Jakpus, Senin (4/7/2022).

Syafrin mengatakan uji coba rekayasa lalu lintas ini telah disosialisasikan kepada masyarakat. Dia menyebut sosialisasi dilakukan sejak satu minggu lalu.

"Sosialisasinya Minggu lalu, Minggu ini baru penerapan uji coba kemudian kami evaluasi dalam lima hari ke depan," katanya.

Syafrin mengatakan jika rekayasa lalu lintas berhasil dan telah dipermanenkan akan ada penindakan bagi pelanggar. Dia menyebut pelanggar akan dikenai denda sebesar Rp 500 ribu.

Sebanyak 125 personel Dishub DKI dan polisi dikerahkan dalam pelaksanaan uji coba rekayasa lalin di Bundaran HI. Syafrin mengatakan petugas nantinya akan ditempatkan di titik-titik kepadatan.

"Kami telah menempatkan petugas sebagaimana tadi dilihat bahwa sudah dilakukan apel sore, di mana petugas-petugas ini akan di floating pada titik-titik yang dianggap krusial yang terjadi kepadatan," katanya.

"Kita harapkan, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menaati rambu-rambu lalin dan arahan petugas di lapangan, sehingga mobilitasnya juga lebih lancar," katanya.

Sebagaimana diketahui, Dishub DKI memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai hari ini hingga 10 Juli. Uji coba rekayasa lalin ini dilakukan di jam pulang kantor, yakni pukul 16.00-21.00 WIB.

"Uji coba rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB," tulis akun Instagram Dishub DKI Jakarta seperti dilihat detikcom, Minggu (3/7).

Dari gambar yang diunggah Dishub DKI Jakarta, dapat disimpulkan pengendara dari selatan (Jl Jenderal Sudirman) tidak bisa langsung melintas ke barat (Jl Imam Bonjol). Lalu pengendara dari utara (Jl MH Thamrin) dan barat (Jl Imam Bonjol) tidak bisa langsung menuju timur (Jl Kebon Kacang Raya).

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus TransJakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan yang akan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin- putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat/utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di Landmark Kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT