ADVERTISEMENT

Terungkap Motif Polisi Gadungan Coba Peras Warga buat Bayar Utang ke Pacar

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 17:57 WIB
Penampilan baru pria berompi polisi usai ditangkap terkait kasus penusukan seorang ibu dan anaknya di Bekasi.
Penampilan baru pria berompi 'polisi' usai ditangkap terkait kasus penusukan seorang ibu dan anaknya di Bekasi. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Pria berinisial RZM (22) ditangkap polisi usai menusuk seorang ibu di Mustikajaya, Bekasi. Pelaku menyamar sebagai anggota polisi dengan memakai rompi 'polisi' untuk memeras warga demi membayar utang kepada pacar.

"Tersangka (seolah-olah) ingin meminta untuk berdamai ke keluarga korban, dengan alasan suaminya terlibat narkoba. Untuk membayar utang yang bersangkutan kepada pacarnya, yang sudah satu tahun belum terbayar," papar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki saat siaran pers, Senin (4/7/2022).

Hegki menyebut pelaku memiliki utang ke pacar sebesar Rp 500 ribu. Tersangka diketahui tak bekerja.

"Walaupun ada tulisan ini (polisi di rompi) menyamar saja menggunakan yang bukan pekerjaannya. Karena yang bersangkutan belum bekerja. Iya (Rp 500 ribu) hanya utangnya dengan pacarnya alasan keterangannya itu," ungkap Hengki.

Di kesempatan yang sama, RZM (22) mengaku uang tersebut digunakan untuk membantu orang tua dan melunasi utang pacar. RZM berpura-puta sebagai polisi supaya aksinya bisa dipermudah.

"Tiba-tiba terlintas untuk cari uang dengan mudah. Untuk bantu orang tua saya sama ganti yang pacar saya," ungkap RZM.

Hengki mengatakan pelaku mencari kediaman yang sepi. Ia berpura-kura memastikan anggota keluarga yang tidak ada di rumah. Jika prediksinya sesuai dengan jawaban pemilik, ia lantas menuding anggota keluarga terlibat dalam barang haram.

"Itu cara pelaku menjalankan aksinya. Ini modus menyamar seolah-olah petugas. Karena di sana dijumpai hanya korban bersama anak perempuannya. Menanyakan 'bapak ada di mana?'," terang Hengki.

"Ketika ditanya begitu korban menjawab suami saya sedang ada di luar tidak ada di rumah dan dimanfaatkan yang bersangkutan bahwa suami ibu bersangkutan dengan peredaran narkoba," pungkasnya.

Lihat juga video 'Polisi Gadungan yang Sering Tilang Pengendara Dibekuk di Medan':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT