ADVERTISEMENT

Uji Coba Rekayasa Lalin di Kawasan Bundaran HI Dimulai

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 16:40 WIB
Rekayasa lalin di Bundaran HI (Anggi Muliawati/detikcom)
Rekayasa lalin di Bundaran HI (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai merekayasa lalu lintas di Bundaran HI untuk mengurai kepadatan. Arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

Pantauan detikcom di Bundaran HI, Jakarta Pusat Senin (4/7/2022), pukul 16.10 WIB, uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI dimulai. Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan nampak mengatur arus lalu lintas.

Terlihat petugas menutup jalan di Bundaran HI dari Jl Sudirman menuju Jl Imam Bonjol. Tampak plang dilarang belok 'kecuali TransJakarta' terpasang.

Terlihat kendaraan ramai lancar di Bundaran HI. Kendaraan yang melintas dari Jl Sudirman yang akan menuju Jl Imam Bonjol diarahkan untuk lurus ke Jl MH Thamrin.

Rekayasa lalin di Bundaran HI (Anggi Muliawati/detikcom)Rekayasa lalin di Bundaran HI. (Anggi Muliawati/detikcom)

Kendaraan nantinya memutar di Bundaran Patung Kuda atau di depan gedung Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus. Kemudian, kendaraan melintas kembali di Jl MH Thamrin untuk menuju Jl Imam Bonjol.

Sementara itu, kendaraan dari Jl Imam Bonjol yang akan menuju ke Jl MH Thamrin dilarang untuk belok kanan langsung. Mereka diminta untuk belok kiri menuju Jl Sudirman dan berputar di bawah lingkar Patung Sudirman atau Stasiun BNI 46.

Dalam uji coba rekayasa lalin tersebut, sebanyak 125 personel gabungan diturunkan. "125 personel gabungan dari Dishub dan dari kepolisian," kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di lokasi.

Rekayasa Lalin

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Uji coba rekayasa lalin ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan.

"Uji coba rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB," tulis akun Instagram Dishub DKI Jakarta seperti dilihat bun, Minggu (3/7).

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus TransJakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan yang akan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin- putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat/utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman-putar balik di Landmark Kolong Sudirman-Jalan Galunggung-belok kiri ke Kupingan BNI-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

Tonton video 'Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Dimulai, Begini Kondisinya':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT