ADVERTISEMENT

Vaksin Booster Akan Jadi Syarat Perjalanan, Ini Informasinya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 16:09 WIB
Vaksin booster akan jadi syarat perjalanan dan berbagai kegiatan lainnya. Hal tersebut diumumkan pasca pemerintah melakukan perpanjangan PPKM Jawa Bali.
Vaksin Booster Akan Jadi Syarat Perjalanan, Ini Informasinya (Foto: Getty Images/iStockphoto/SilverV)
Jakarta -

Vaksin booster akan jadi syarat perjalanan dan berbagai kegiatan lainnya. Hal tersebut diumumkan pasca pemerintah melakukan perpanjangan PPKM Jawa Bali.

Vaksinasi booster juga akan digunakan sebagai syarat masyarakat beraktivitas di ruang publik. Simak informasi selengkapnya.

Vaksin Booster Akan Jadi Syarat Perjalanan Terbaru

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menginfokan jika vaksinasi dosis ketiga atau booster akan menjadi syarat perjalanan dan kegiatan. Syarat itu mengikuti dari perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Nah tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Senin (4/7/2022).

"Jadi tadi arahan bapak Presiden untuk airport disiapkan vaksinasi dosis ketiga," sambung Airlangga.

Vaksin booster akan jadi syarat perjalanan dan berbagai kegiatan lainnya. Hal tersebut diumumkan pasca pemerintah melakukan perpanjangan PPKM Jawa Bali.Vaksin booster akan jadi syarat perjalanan dan berbagai kegiatan lainnya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)

Menkes Budi Gunadi Sadikin Bicara Soal Pendekatan Vaksin Booster

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika masyarakat Indonesia perlu pendekatan khusus terkait vaksin booster. Contohnya saat vaksin jadi syarat masuk mal.

"Bapak presiden juga sadar bahwa orang Indonesia juga kadang-kadang ada cara-cara khususlah untuk supaya bisa terpacu untuk mau booster. Sama seperti dulu mau divaksinasi orang tua susah sekali. Tapi begitu masuk mal mesti divaksinasi, orang tua mau semua. Kenapa? Karena ternyata orang tua senang nganter cucunya ke mal," kata Budi.

"Orang Indonesia kan perlu pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif seperti itu. Jadi mungkin arahan beliau coba dicari pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif agar masyarakat Indonesia jadi semangat dibooster kembali," ujar Budi.

Vaksinasi Booster Akan Jadi Syarat Penggunaan Fasilitas Umum

Di samping itu, juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito membenarkan jika vaksin booster akan jadi syarat untuk memasuki fasilitas publik. Wiku juga mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster.

"Saat ini, untuk kegiatan masyarakat berskala besar sudah mensyaratkan untuk wajib vaksin booster bagi pesertanya," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang dikutip detikcom, Senin (4/7/2022).

"Ke depannya, akan menjadi persyaratan juga untuk dapat memasuki fasilitas publik. Untuk itu, mohon segera melakukan vaksin booster, dan ajak seluruh keluarga dan kerabat untuk segera melakukannya," tambah Wiku.

Cakupan Vaksinasi Booster di Indonesia Masih Kurang

Wiku mengatakan bahwa cakupan vaksinasi booster secara nasional masih sangat kurang. Cakupan booster di kebanyakan daerah kurang dari 30 persen.

"Cakupan vaksin booster masih belum signifikan, peningkatan di mana cakupan nasional baru sebesar 24 persen. Selain itu, 28 dari 34 provinsi cakupan vaksinnya masih di bawah 30 persen," ucap Wiku.

Ada enam daerah di Indonesia yang cakupan vaksinnya di atas 30 persen, di antaranya:

  • Bali: di atas 50 persen
  • DKI Jakarta: di atas 40 persen
  • Kepulauan Riau: di atas 40 persen
  • DIY Yogyakarta: di atas 30 persen
  • Jawa Barat: di atas 30 persen
  • Kalimanatan Timur: di atas 30 persen

Vaksin Booster Akan Jadi Syarat Perjalanan, PPKM Jawa Bali dan Luar Jawa Bali Diperpanjang

PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga tanggal 1 Agustus 2022. Perpanjangan itu diterangkan oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal.

"Perpanjang. Sama," kata Safrizal saat dimintai konfirmasi, Senin (4/6/2022).

Perpanjangan PPKM Jawa-Bali ini sama dengan perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali. Perpanjangan PPKM luar Jawa Bali telah disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa Bali ini akan diperpanjang dari tanggal 5 Juli sampai 1 Agustus," kata Airlangga Hartarto dalam jumpa pers.

Lihat video 'Vaksin Booster Akan Jadi Syarat Masuk Tempat Publik, Termasuk Mal?':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT