ADVERTISEMENT

Potensi 4 Poros di Pilpres 2024, Ini Jawaban Terbaru PDIP soal 'Koalisi'

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 15:16 WIB
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat saat mengunjungi UMKM di Sumut
Djarot Saiful Hidayat (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengatakan partainya tak akan tergesa-gesa melakukan silaturahmi dengan parpol lain untuk membicarakan kans kerja sama di Pilpres 2024. Djarot masih berprinsip ojo grusa grusu atau ojo kesusu terkait 'koalisi' atau bahasa PDIP, yakni kerja sama politik.

"Kalau pemilu kan masih 2024 ya jadi kalau hal-hal yang sifatnya teknis itu, kalau partai kan tetap tegak lurus ya pada hasil keputusan kongres. Apalagi soal pencapresan, makanya saya sampaikan ojo grusa grusu," kata Djarot kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

"Ojo kesusu. Apalagi terlalu emosi, ojo, apa ya, grusa grusu, ojo keburu nafsu. Kata orang tua saya kalau ada suatu apa pun itu jangan keburu nafsu tetapi tetap harus eling, waspodo," imbuhnya.

Menurut Djarot, Indonesia merupakan negara besar dengan sejumlah tantangan. Dengan demikian, dia menilai masih terus tetap waspada dan fokus membangun Indonesia.

"Kan Indonesia negara besar banget dan tantangan ke depan sangat besar. Makanya ojo grusa grusu, ojo keburu nafsu, ya tetap eling waspodo dengan keyakinan bahwa kita itu bangsa yang kayak kita itu bangsa yang besar, yang mampu membangun Indonesia bener-bener punya kedaulatan kemandirian punya kepribadian karakter," kata mantan Gubernur DKI itu.

Lebih lanjut, Djarot menerangkan PDIP tak mengenal sistem koalisi. Djarot menekankan pihaknya menggunakan istilah kerja sama antarpartai di Pilpres 2024.

"Di dalam sistem kita, kita tidak mengenal koalisi dan oposisi tapi yang ada itu kerja sama. Kerja sama antarpartai kerja sama antarmasyarakat. Kalau kerja sama kita bangun apalagi untuk membawa Indonesia ke depan kan tidak bisa sendiri-sendiri ya," ujar Djarot.

Lihat juga video 'Bambang Pacul: Kriteria Capres PDIP Ada di Tangan Bu Mega':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT