ADVERTISEMENT

Lawan Kepala BNN-Wajagung, Bamsoet Jadi Juara Menembak Jaksa Agung Cup

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 15:41 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup 2022. Ia mengalahkan Kepala BNN Komjen Pol Petrus Golose, Wakil Jaksa Agung Dr Sunarta, dan Kajati Kalimantan Barat Mashudi.

Dalam kesempatan ini, Bamsoet turut mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan menembak Jaksa Agung Cup 2022 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-62. Menurutnya, kejuaraan ini bisa mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar pegawai dari berbagai Kantor Kejaksaan di seluruh Indonesia.

"Sehingga bisa meningkatkan semangat kerja dan profesionalitas. Terlebih olahraga menembak sangat cocok ditekuni oleh pegawai Kejaksaan. Salah satunya untuk persiapan membela diri jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mengingat pekerjaan mereka dalam penegakan hukum penuh dengan resiko yang tidak terduga," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Ia menjelaskan kejuaraan menembak yang diselenggarakan Adhyaksa Shooting Club tersebut terbagi menjadi tiga cabang menembak. Mulai dari tembak sasaran, tembak reaksi, dan tembak pistol eksekutif duel plat.

Kejuaraan menembak ini diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan para Jaksa. Adapun pelaksanaannya berlangsung sejak 27 Juni sampai 3 Juli 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat.

"Melalui kejuaraan menembak yang digelar Korps Adhyaksa, kita harapkan muncul atlet-atlet menembak dari kalangan kejaksaan. Selain, menjadi ajang pembinaan bagi para atlet menembak Tanah Air. Sehingga, mampu melahirkan atlet menembak profesional dan berprestasi pada kejuaraan nasional dan internasional," kata Bamsoet.

Ketua Umum Perkumpulan pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri (PERIKHSA) ini menambahkan jaksa diperbolehkan memegang senjata api dalam menjalankan tugasnya. Pasal 8B UU Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan menyebutkan dalam melaksanakan tugas dan wewenang, jaksa dapat dilengkapi dengan senjata api serta sarana dan prasarana lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Karenanya, peningkatan kemampuan menggunakan senjata api wajib dilakukan oleh para jaksa. Dengan melalui latihan rutin serta mengikuti berbagai kejuaraan menembak, insan Adhyaksa dapat meningkatkan kemampuan teknis dan mental dalam menggunakan senjata api di lapangan. Di samping ikut memasyarakatkan olahraga menembak," pungkasnya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT