ADVERTISEMENT

Cerita Pengunjung Bingung Mesti Daftar Online demi Masuk Tugu Monas

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 13:58 WIB
Pengunjung yang merasa kesulitan masuk Tugu Monas gegara mendaftar online (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Pengunjung yang merasa kesulitan masuk Tugu Monas gegara mendaftar online (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Tugu Monumen Nasional (Monas) sudah buka kembali. Namun banyak pengunjung yang kebingungan dengan alur masuk menuju Tugu Monas karena harus mendaftar online.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (3/7/2022), per pukul 13.30 WIB, tak banyak pengunjung yang mengetahui masuk ke Tugu Monas mesti daftar online terlebih dahulu. Akibatnya, pengunjung menjadi kebingungan dan menumpuk di pinggiran pintu masuk Terowongan Monas.

Salah satu pengunjung asal Bekasi, Neneng Indrawati (54), mengaku kesulitan dengan prosedur memasuki kawasan Tugu Monas saat ini. Padahal, dulu pengunjung bisa membeli langsung tiket tanpa harus mendaftar online.

"Dulu kan mudah ya, karena cuma pakai kartu. Sekarang pakai online, kita kan nggak ngerti online. Kita nggak tahu, dulu kan tinggal nyodorin kartu (Jakcard) kan. Dulu bisa beli tiket di bawah. (Sekarang) lebih ribet," kata Indrawati saat ditemui di Pintu Masuk Terowongan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (3/6).

Selain itu, kuota pengunjung menjadi kendala Indrawati ketika mendaftarkan diri masuk ke Tugu Monas. Mengingat satu akun hanya bisa mendaftarkan empat orang, sedangkan Indrawati datang bersama 5 anggota keluarganya.

"Harapan pengennya kayak dulu lagi, dipermudah lagi nggak usah pakai online. Pakai kartu aja. Kalau yang nggak ngerti pakai online kalau yang dari jauh gini repot," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh pengunjung asal Bogor bernama Eri (47). Eri yang datang bersama suami dan anak perempuannya mengaku sempat kebingungan masuk ke Tugu Monas.

"Iya, nggak ngerti saya. Makanya tadi nanya-nanya orang. Karena baru kali ini ke sini lagi, kirain kayak dulu aja tinggal masuk," jelasnya.

Setelah berhasil mendaftar pun, Eri mesti menunggu email balasan dari pengelola Monas. Barulah setelah mendapat e-mail, Eri dan keluarga bisa membeli tiket Tugu Monas.

Berkaca dari peristiwa hari ini, Eri berharap supaya pengelola menghapus pendaftaran online dan mengizinkan pengunjung langsung membeli tiket masuk secara offline.

"Berharap kayak dulu lagi. Tinggal beli tiket di sana di bawah," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pengunjung mesti melakukan scan QR code untuk mengisi formulir pendaftaran masuk Tugu Monas. Satu akun bisa mendaftarkan empat orang.

Hingga pukul 13.00 WIB, tiket menuju puncak Monas telah terjual habis. Saat ini yang tersisa hanyalah tiket menuju museum dan cawan Monas. Pengunjung mesti memiliki kartu Jakcard sebelum membeli tiket masuk.

Adapun tiket kunjungan ke dalam Museum dan Cawan Monas sebesar Rp 5.000 untuk tarif dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Sedangkan tiket kunjungan ke dalam puncak Monas sebesar Rp 15 ribu tarif dewasa, Rp 8.000 tarif mahasiswa, dan Rp 4.000 anak atau pelajar.

(taa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT