ADVERTISEMENT

Monas Ramai Siang Ini, Pengunjung Bisa Masuk ke Tugu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 11:37 WIB
Monas ramai pengunjung siang ini (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Monas ramai pengunjung siang ini. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Monumen Nasional (Monas) ramai disambangi warga akhir pekan ini. Kali ini, pengunjung bisa mengakses kawasan Tugu Monas.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (3/7/2022), semua pintu masuk kawasan Monas sudah dibuka. Terpantau sejak pukul 10.30 WIB, pengunjung sudah berdatangan dari seluruh sisi Monas.

Mayoritas pengunjung datang bersama keluarga besar. Selain pejalan kaki, ada pengunjung yang datang sambil gowes sepeda.

Pengunjung yang datang wajib melakukan scan barcode PeduliLindungi serta mengecek suhu tubuh sebelum masuk ke Monas.

Pengunjung yang ingin mengakses kawasan Tugu Monas bisa masuk melalui pintu terowongan Monas. Di sana, pengunjung wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara scan QR code.

Setelah itu, petugas akan mengarahkan pengunjung masuk ke terowongan Monas untuk membeli tiket. Pengunjung mesti membeli kartu Jakcard sebelum membeli tiket masuk.

Setelah itu, barulah membeli tiket kunjungan ke dalam puncak Monas sebesar Rp 15 ribu tarif dewasa, Rp 8.000 tarif mahasiswa dan Rp 4.000 anak atau pelajar.

Pengelola membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke puncak Monas. Misalnya, pengunjung yang baru membeli tiket pada pukul 10.00 WIB baru bisa mengakses puncak Monas pada pukul 13.00 WIB.

Adapun tiket kunjungan ke dalam Museum dan Cawan Monas sebesar Rp 5.000 untuk tarif dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Meski begitu, ada pula yang memilih bersantai di taman sekitar kawasan Monas. Pengunjung berpiknik dan berolahraga di area taman Monas.

Tepat di akhir pekan ini pula diadakan pameran Sarana dan Atraksi Perangkat Daerah DKI Jakarta. Tampak sejumlah mobil pemadam kebakaran, ambulans, hingga crane dipamerkan di dalam Monas.

Pengunjung menyempatkan diri melihat-lihat kendaraan dinas itu. Selain itu, tampak kios suvenir hingga kios makanan di Lenggang Jakarta diserbu pengunjung.

(taa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT