ADVERTISEMENT

Serba-serbi 3 Provinsi Baru di Tanah Papua

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 07:30 WIB
Papua dan Papua Barat (Google Maps)
Foto: Peta Pulau Papua (Google Maps)

Bertambahnya tiga provinsi baru itu membuat total provinsi di Indonesia berjumlah 37. Namun, tiga provinsi baru itu belum diresmikan.

Peresmian provinsi baru itu diatur dalam bagian pemerintahan daerah yang semuanya tertera dalam pasal 8 masing-masing UU. Nantinya, peresmian Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Penjabat Gubernur masing-masing provinsi oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden.

Peresmian dan pelantikan Pj Gubernur masing-masing provinsi itu paling lama dilakukan enam bulan sejak UU tersebut diundangkan.

Lalu siapa yang berhak menjadi Pj Gubernur selama Gubernur dan Wakil Gubernur definitif belum terpilih lewat Pemilu serentak?

"Sebelum Gubernur dan Wakil Gubernur definitif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilantik, Presiden mengangkat Penjabat Gubernur dari pegawai negeri sipil yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya berdasarkan usul Menteri Dalam Negeri dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun," demikian tertulis dalam Pasal 9 ayat 2 yang terdapat di masing-masing undang-undang.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Resa Boenard si "Princess Bantar Gebang"

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT