ADVERTISEMENT

Pembangunan Kampung Gembira Gembrong dari Infak, PKS: Tak Harus Dari APBD

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 07:23 WIB
M Taufik Zoelkifli
Foto: M Taufik Zoelkifli (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Pembangunan Kampung Gembira Gembrong di Jakarta Timur menggunakan infak salat Idul Fitri di JIS menjadi pembahasan publik. PKS DKI menilai pembangunan daerah tidak harus menggunakan dana APBD, maka pakai infak juga bisa.

"Membangun di suatu daerah tidak harus dari dana APBD. Bisa dari mana saja asal yang memberikannya ikhlas. Itu yang namanya kolaborasi," ujar Sekretaris I Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M Taufik Zoelkifli, saat dihubungi Sabtu (2/7/2022).

Taufik mengatakan dana infak tersebut atas pemberian Baznas Bazis DKI. Sehingga menurutnya Baznas Bazis DKI telah memahami hukum syariat maupun aturan penggunaan infak tersebut.

"Dana untuk bangun Kampung Gembrong yang habis kebakaran itu kan atas pemberian dari Baznas/ Bazis DKI. Tentu mereka sudah memahami hukum-hukum syariat dan aturan-aturanya," tuturnya.

"Artinya mereka memang sudah ikhlas atau rela untuk membantu pembangunan tempat tinggal warga yang sedang ditimpa musibah tersebut. Mudah-mudahan berkah untuk semua, Menjadi negeri yang Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur! Negeri yang rakyatnya saling tolong menolong!" sambungnya.

Taufik juga menilai konsep pembangunan Kampung Gembira Gembrong yang menghadap ke sungai ini inovatif. Sebab dapat membuat warga menjaga kebersihan sungai.

"Konsep kampung yang water front (menghadap air atau menghadap sungai) keren dan inovatif juga. Biasanya warga bangun rumah membelakangi sungai sehingga sungainya cenderung menjadi tempat sampah, kalau sungainya di depan rumah insya Allah lingkungan sungai bisa lebih terpelihara oleh warga," tuturnya.

Simak halaman selanjutnya

Simak juga Video: Melihat Hasil Revitalisasi Monas yang Kini Dibanggakan Anies

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT