ADVERTISEMENT

Anies Usung Konsep Kampung Gembira Gembrong Dibangun Menghadap ke Sungai

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 10:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di lokasi revitalisasi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong (dok.ist)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di lokasi revitalisasi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong. (dok. ist)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mulai merevitalisasi permukiman warga korban kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur (Jaktim), yang dinamai Kampung Gembira Gembrong. Permukiman ini akan mengusung konsep menghadap sungai.

"Dan kami berharap, konsep yang dibangun di sini nantinya adalah konsep menghadap sungai, sungainya jangan dibelakangi, sungainya harus dijadikan sebagai halaman depan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Jumat (1/7/2022).

Anies berharap konsep pembangunan tersebut akan menjadi salah satu percontohan.

"Kalau bahasa Inggris namanya water front, kelihatan menghadap air, airnya air sungai," ucap Anies.

Perkampungan ini akan dibangun di atas lahan seluas 1.200 meter persegi. Anies juga berpesan kepada seluruh pihak untuk bekerja sepenuh hati.

"Kerjakan tempat ini, seakan sedang membangun rumah untuk diri sendiri, seakan sedang membangun rumah untuk keluarga sendiri, kerjakan dengan sepenuh hati. Ya mereka adalah warga di sini, rakyat kebanyakan, tetapi mereka adalah rakyat yang berhak mendapatkan tempat rumah berkualitas yang amat baik," jelas Anies.

"Dan saya selalu bilang 3 hal, kalau mengenai pembangunan itu, kualitasnya baik, anggrannya tepat, waktunya tepat. Biasanya dalam bahasa Inggris disebut on quality, on budget, on schedule. Dengan begitu, nanti kita akan lihat di ujung hasilnya memuaskan, saya berharap kepada semua yang bekerja untuk memegang prinsip itu dengan baik," sambungnya.

Anies mengatakan akan ada 136 unit yang akan dibangun di lokasi ini untuk mengganti tempat tinggal korban kebakaran. Dia menyebut pembangunan tempat tinggal ini akan menelan biaya Rp 7,8 miliar.

Dalam kesempatan ini, Anies meletakkan batu pertama yang menandakan dimulainya pembangunan Kampung Gembira Gembrong. Dia menargetkan pada September nanti pembangunan sudah rampung.

"Dan, kita berharap bapak ibu sekalian, bantu semua yang bekerja, karena proses pembangunannya lewat kolaborasi, gotong royong, izinkan saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Baznas, BAZIS DKI yang telah menyiapkan dukungan support, sehingga proses pembangunan ini bisa dilaksanakan," ucap Anies.

"Pak Walkot dan seluruh jajarannya, yang mencari cara supaya secara ketentuan ini semua bisa terlaksana dengan baik," sambungnya.

Simak juga 'Janji-janji Anies untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gembrong':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT