ADVERTISEMENT

Kenangan Mahfud soal Tjahjo Kumolo dan Amplop-amplop 'Peta Politik'

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Jul 2022 06:30 WIB
Profil Menteri Thahjo Kumolo dikenal sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) 2019-2024 di Kabinet Indonesia Maju.
Foto: dok. Prokompim Kota Magelang
Jakarta -

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo telah tutup usia dan telah dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Sejumlah tokoh negara mengenang sosok Tjahjo, salah satunya yakni Menko Polhukam Mahfud Md.

Mahfud Md mengenang Tjahjo dengan bercerita soal pertemuan pertamanya pada momen Idul Fitri di tahun 2.000 Mahfud kala itu baru saja diangkat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Pada pertemuan pertamanya itu, Mahfud bercerita bahwa dirinya menerima amplop yang sudah ditulis dengan 'tujuannya untuk Pak Mahfud. Pertemuan terjadi di rumah Wapres kala itu yakni Megawati Soekarnoputri.

"In memoriam. Saya bertemu langsung dan ngobrol dengan Pak Tjahjo Kumolo adalah pada Idul Fitri tahun 2000, saat saya baru diangkat sebagai Menhan. Saat itu saya berlebaran di rumah Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahjo ada di sana. Secara khusus dia memberi amplop yang sudah ditulis tujuannya: untuk Pak Mahfud," tulis Mahfud. Tulisan dalam cuitan yang dikutip disesuaikan dengan ejaan yang benar.

Cerita itu ia bagikan melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd pada Sabtu (2/7/2022). Tak hanya itu, amplop tersebut juga ia terima pada pertemuan terakhirnya pada 30 Mei 2022.

"Terakhir saya bertemu dan berbicara dengan Pak Tjahjo juga saat ada acara yang dihadiri Ibu Megawati, yakni, pada acara peresmian Smart School Dr Ir Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 30 Mei 2022. Saat itu pun dia menyerahkan satu amplop kepada saya sambil ngobrol berdua sebentar," tulis Mahfud.

Isi Amplop dari Tjahjo Kumolo

Mahfud pada cuitannya, mengungkapkan bahwa amplop tersebut berisi tentang peta kekuatan politik. Dia cukup terheran dengan Tjahjo yang rajib membuat analisis dilengkapi dengan diagram.

"Di antara pertemuan pertama dan terakhir itu kami juga sering bertemu, beliau juga sering memberi amplop tebal. Apa isi amplop-amplop itu? Tentang konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini dan aktor-aktor kuncinya di Indonesia. Pak Tjahjo rupanya rajin membuat analisis yang dilengkapi dengan diagram-diagram," ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga mengenang soal isi tas kecil yang sering dibawa Tjahjo Kumolo. Tas itu rupanya berisi banyak cincin batu.

"Pada satu kesempatan Pak Tjahjo juga pernah membuka sebuah tas kecil yang sering dibawanya. Di dalam tas tersebut ada banyak cincin batu yang indah. Dijelaskan kepada saya nama dan asal muasalnya. Saat menjelaskan cincin-cincin itu Pak Tjahjo sangat bersemangat memberi makna simbolik atas setiap cincin," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya..

Simak Video: News of The Week: Jokowi ke Ukraina-Rusia, Tjahjo Kumolo Wafat

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT