ADVERTISEMENT

Keluarga Gelar Doa Bersama untuk Tjahjo Kumolo Malam Ini

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 17:20 WIB
Jakarta -

Keluarga Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo akan menggelar doa bersama malam ini. Doa bersama akan digelar selama tiga hari berturut-turut.

"Ya ada sih kita takziah saja. Kemarin sudah ada. Ya, biasanya orang Jawa kan sekian hari gitu. Sebetulnya kita maunya tujuh hari, tapi ya udah mungkin tiga hari, terus hari ke-7, hari ke-40," kata Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri, di rumah dinas MenPAN-RB, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022).

Erni mengatakan dirinya bersama keluarga juga akan berziarah ke makam Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata sore ini. Dia mengatakan ada keluarganya yang belum ikut mengantarkan jenazah Tjahjo Kumolo ke tempat peristirahatan terakhir.

"Sama kakak-kakak. Yang kemarin kan belum sempat dari Semarang, dari luar kota, jadi baru sekarang bisa," jelas Erni.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB. Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, setelah sempat dirawat akibat infeksi.

Almarhum telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Keluarga mengungkap Tjahjo Kumolo sempat dirawat di tiga rumah sakit berbeda dengan penyakit yang sudah kompleks sebelum mengembuskan napas terakhir pada Jumat (1/7).

"Bapak kemarin sempat sakit, ada infeksi di perut terus menjalar ke paru, ke ginjal, ke liver dan sudah pakai bantu alat pernapasan. Alat bantu paru, jantung, cuci darah segala macam. Kondisi stabil ya harus pakai alat, jadi dokter semaksimal mungkin. Ada tiga rumah sakit, Abdi Waluyo, Harapan Kita, sama RSPAD," ujar menantu Tjahjo Kumolo, Detri Warmanto, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT