ADVERTISEMENT

Saat Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Tjahjo Kumolo Setibanya di RI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 20:08 WIB
Jokowi dan Iriana takziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi dan Iriana bertakziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Istri mendiang Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri, menceritakan momen Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo. Erni mengatakan Jokowi awalnya sempat menelepon terlebih dulu untuk mengucapkan dukacita.

Erni mengatakan Jokowi sempat menjenguk almarhum Tjahjo saat masih dirawat di rumah sakit. Jokowi, sambung Erni, sempat terkejut saat mendengar kabar almarhum Tjahjo sakit.

"Memang Pak Presiden waktu itu sudah besuk Bapak. Terus memang kaget juga. Selama ini kan Bapak ndak kelihatan sakit, ndak kelihatan sakit. Kok sekarang sakit, sakitnya begini gitu, jadi kaget," ujar Erni di rumah duka.

Erni kemudian menceritakan saat Jokowi menjenguk almarhum Tjahjo di rumah sakit. Saat itu, kondisi Tjahjo sudah berada di ruangan ICCU.

"Waktu ketemu sama Bapak, Bapak udah... maksudnya udah di ICCU, ndak dijenguk. Kadang-kadang dari jauh saja, begitu," imbuh Erni.

Erni juga mengatakan Jokowi berniat akan menjenguk almarhum Tjahjo kembali. Saat mendengar kabar almarhum Tjahjo meninggal dunia, Jokowi langsung menelepon dan menyampaikan dukacita.

"Waktu itu ya udah, Bu, nanti akan saya tengok lagi, gitu. Terus Bapak pergi kan yang ke Rusia itu, tapi begitu mendengar berita, kan kaget sekali," jelas Erni.

"Begitu mendengar kan kemarin Presiden langsung telepon saya. Bu Iriana juga telepon saya menyampaikan dukacita. Tadi begitu landing juga langsung ke sini," sambungnya.

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah. Politisi senior PDIP itu meninggal dunia pada Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB.

Tjahjo meninggal di Rumah Sakti Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Jenazah Tjahjo lalu sempat dibawa ke rumah duka di Widya Candra dan disalatkan di Masjid KemenPAN-RB.

Kemudian, pada sore harinya, jenazah Tjahjo Kumolo dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta Selatan.


(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT