ADVERTISEMENT

PKB Klaim Serius Koalisi Bareng Gerindra

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 14:33 WIB
Syaiful Huda kembali pimpin PKB Jabar
Syaiful Huda (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PKB mengklaim serius berkoalisi dengan Gerindra. PKB pun menuding ada pihak yang khawatir terhadap koalisi PKB dengan Gerindra.

Hal itu disampaikan Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda. Dia awalnya menjelaskan soal langkah politik yang seirama dengan Gerindra.

"Kita selalu memastikan langkah-langkah politik dalam koalisi seirama dengan Gerindra. Artinya, tidak keluar dari kesepakatan kedua belah pihak. Jika dinilai terlalu menggebu, mungkin sekadar bentuk ekspresi atau cara pengungkapan saja," kata Syaiful Huda dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Huda mengatakan publik bebas memberikan penilaian atas langkah Gerindra dan PKB dalam mematangkan rencana koalisi. Dia heran mengapa ada pihak yang merasa lebih tahu dapur partai orang lain.

"Tentu sebagai entitas politik, tidak mungkin kita melangkah tanpa ada pertimbangan matang, baik dari sisi ideal maupun praksis operasional. Nah, jika ada yang meragukan itu, ya sah-sah saja, tetapi agak aneh karena merasa lebih tahu dapur orang lain," ucapnya.

Huda mengatakan keseriusan koalisi PKB dan Gerindra tecermin dari pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Menurutnya, pernyataan tersebut menggambarkan tidak ada pihak yang terlalu menggebu-gebu.

"Jadi apa yang disampaikan Pak Dasco itu benar, bahwa langkah koalisi Gerindra-PKB benar-benar dilakukan dua belah pihak secara serius. Tidak ada yang lebih menggebu satu sama lain karena kesepakatan yang ada didasarkan pada realitas politik yang ada," ujar dia.

Huda menyebut kesepakatan kerja sama PKB dan Gerindra telah disosialisasikan hingga kader di tingkat daerah. Dia juga menyebut ada pertemuan antara pengurus di level wilayah baik antara DPW PKB maupun DPD Partai Gerindra di Jakarta, Kamis (30/6) lalu.

Legislator asal Jawa Barat ini kemudian menyebut bersatunya PKB-Gerindra bikin khawatir banyak kalangan. Dua partai ini, katanya, memiliki kekuatan yang saling melengkapi.

"Kalau kita cermati, PKB-Gerindra ini merupakan representasi kekuatan nasionalis-religius, representasi pemilih dari kalangan perdesaan-perkotaan, hingga representasi kekuatan sipil-militer. Maka wajar saja ada yang khawatir dengan bertemunya PKB-Gerindra dalam kerangka koalisi, lalu mencoba mengagalkannya dengan segala cara," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'PKB-Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan Partai Lain':

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT