ADVERTISEMENT

Gerindra dan PKB Susul KIB, NasDem Kapan?

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 08:05 WIB
Willy Aditya
Willy Aditya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Gerindra dan PKB sudah menyusul Golkar, PAN, dan PPP, dengan mengumumkan bahwa mereka sepakat berkoalisi untuk Pemilu 2024. Bagaimana dengan NasDem?

NasDem kerap dikaitkan atau bahkan diyakini bakal membangun koalisi dengan PKS dan Partai Demokrat. Ketua DPP NasDem Willy Aditya pun tak menampik komunikasi dengan PKS dan Demokrat masih berjalan.

"Komunikasi ada, terus dilakukan," kata Willy kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Willy juga menyebut NasDem dengan PKS dan Demokrat sudah sepaham soal Pemilu 2024. Namun, belum mencapai kata sepakat untuk membangun koalisi seperti layaknya Gerindra dan PKB, serta Golkar, PAN, dan PPP.

"Kita lihatlah, apakah ini akan mengerucut atau tidak. Saat ini belum mengerucutlah, kan dalam rangka masih membangun kesepahaman," ucapnya.

"Tapi kalau kesepahaman sudah mulai ada, yang lain kan sudah bersepakat, kita masih bersepaham," imbuh Willy.

Selain itu, Willy juga bicara soal bakal capres. Anggota DPR RI itu menyebut NasDem masih mengupayakan 3 nama hasil rekernas, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

"Ya kalau niatan sejauh ini kita tetap dengan hasil rakernas. Kita tunggulah. Sekarang masih melakukan komunikasi, taarufkan juga," tutur Willy.

Willy lalu seraya memberi kode perihal sikap dan keputusan NasDem terkait Pemilu 2024. Dia meminta agar menunggu hingga menjelang Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2022.

"Ya kita lihatlah bulan-bulan depanlah menjelang hari kemerdekaan, apakah ada hal yang bisa kita lakukan, NasDem ya bersabarlah," ucapnya.

Kesepakatan Gerindra-PKB membangun koalisi di pemilu 2024, simak selengkapnya di halaman berikut

Simak juga 'PAN: Ada Partai yang Dilirik KIB, Masih 50:50 Bergabung atau Tidak':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT