ADVERTISEMENT

Perbaikan Jalur KA di Sumbar Dimulai, Andre Rosiade: Bukti Kolaborasi

Hanifa Widyas - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 10:40 WIB
Peresmian perbaikan jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban.
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Sumbar, sudah dimulai. Anggota DPR RI Andre Rosiade mengatakan aktivasi jalur kereta api legendaris tersebut terlaksana berkat kolaborasi banyak pihak mulai dari Kementerian BUMN, Anggota DPR, hingga Pemda.

"Kunci pembangunan memang kolaborasi. Dimulai 31 Mei 2021 anggota DPR berkolaborasi dengan Wali Kota dan Bupati se-Sumbar bertemu Menteri BUMN. Dilanjutkan dengan Dirut PTKAI. Selanjutnya dibentuk PMO," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/7/2022).

Sebelumnya, Pemko Bukittinggi juga telah melakukan kerja sama dengan PT KAI dalam pengelolaan tanah bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Kerja sama dilakukan dalam rangka keperluan pemberdayaan UMKM seluas 2,7 hektare. Kereta api jalur Padang-Pariaman juga sudah dilengkapi dengan gerbong sepeda.

"Hari ini kami juga menyampaikan permohonan dari Wali Kota Padangpanjang Fadli Amran untuk pembangunan museum dan potensi wisata kereta api," kata Andre.

Andre menyampaikan Kementerian Perhubungan RI juga punya program persiapan sarana dan prasarana untuk kereta api.

"Segera kereta bandara (BIM) akan disiapkan sampai ke Indarung dan Teluk Bayur. Semua akan tersambung. Maka Padang akan punya 'KRL' sendiri. Setelah prasarana disiapkan Kemenhub, PT KAI siapkan sarananya. 2024 warga Padang bisa menikmati 'KRL' ini," kata Andre.

Selain itu, Andre menyebutkan akan ada kick off pembangunan tol Padang-Sicincin yang sempat terhenti pada Agustus 2022 nanti.

"Pembangunan Sumbar perlu dilakukan dengan kolaborasi. Harapan kami tentu Pemda Sumbar bisa memanfaatkan potensi yang ada. Harus bisa bekerja sama dengan Pemkab/Pemko untuk jemput aspirasi masyarakat dan menjemput anggaran pusat. Karena tidak mungkin bisa dilakukan satu kelompok saja. Tapi bersama-sama," sebut Andre.

Andre mencontohkan bentuk kolaborasi pada kegiatan di Sawahlunto, yakni anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, berkolaborasi dengan Kepala Daerah se-Sumbar meski partainya berbeda-beda.

"Di Sawahlunto Wako Deri Asta dari PAN, tapi tak mengurangi semangat kolaborasi. Harapan kami juga Pemprov Sumbar bisa melalukan hal yang sama," sebut Andre.

Andre mengungkapkan kolaborasi yang sedang dilakukan merupakan hal penting. Jika tidak terlaksana, pembangunan Sumbar tidak akan mengejar pembangunan provinsi lain. Ia mengimbau agar anggota DPR dan DPD se-Sumbar dimanfaatkan karena mereka memiliki akses mewakili komisi/komite masing-masing.

"Terima kasih pak Menteri BUMN, direksi PT KAI dan juga Semen Indonesia Group, Pupuk Indonesia dan Biofarma," tandas Andre.

Baca Selengkapnya

Simak juga 'Satpol PP Padang Diserang PKL Saat Lakukan Penertiban':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT