ADVERTISEMENT

Dinilai Tak Serius Koalisi dengan PKB, Gerindra Pastikan Keliru

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 10:28 WIB
Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Gerindra dan PKB dinilai belum memenuhi syarat koalisi lantaran hanya PKB yang menggebu-gebu. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hanya tersenyum dan memastikan kedua partai serius berkoalisi menghadapi Pemilu 2024.

"Menanggapi pernyataan beraneka ragam tentang hubungan Gerindra dan PKB ini, saya hanya tersenyum-senyum, apalagi ada pengamat yang ngomong hanya PKB yang menggebu-gebu. Padahal bener kok Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk berkerja sama atau berkoalisi untuk bersama sama menghadapi Pemilu 2024," kata Dasco kepada wartawan, Sabtu (2/7/2022).

Meski demikian, Dasco menyebut Partai Gerindra memang saat ini menunggu dan mematuhi anggaran dasar/anggaran rumah tangga terkait pencapresan dan pencawapresan. Dia juga menyebut Gerindra masih menunggu Rapimnas yang akan diselenggarakan akhir Juli nanti untuk menanyakan kepastian Prabowo Subianto maju capres.

"Pengurus serta anggota Partai Gerindra berkewajiban mematuhi anggaran dasar/anggaran rumah tangga serta sumpah kader Partai Gerindra, sehingga semua tahapan mengenai pencapresan dan pencawapresan dari Partai Gerindra harus mengikuti mekanisme yang ada. Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra melalui rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir Juli 2022," ucapnya.

"Jadi siapa calon presiden dan siapa calon wakil presiden dari Partai Gerindra menunggu waktu dan akan dilakukan sesuai mekanisme partai. Seluruh pengurus dan kader sangat paham itu," lanjut dia.

Atas alasan itulah Dasco menyebut Gerindra saat ini belum terlalu berlebihan menyampaikan soal koalisi dengan PKB. Namun dia memastikan, begitu semua jelas, Gerindra akan terang-terangan terkait Pemilu 2024.

"Sampai saat ini memang tidak ada komentar yang berlebihan dan menggebu-gebu dari pengurus maupun kader tentang koalisi dengan PKB karena mereka taat dengan anggaran dasar partainya, tapi nanti jika sudah melalui tahapan mekanisme partai, gaspol tentunya akan dilakukan oleh kader Gerindra secara otomatis. So, para pengamat, mohon maaf ya jika keliru membaca dan kepada sahabat-sahabat PKB, yakinlah, Kebangkitan Indonesia Raya sudah mendekat di depan mata," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'PKB-Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan Partai Lain':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT